Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja Disamarkan Sebagai Bantuan untuk Ukraina, Tangkap 30 Orang

Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja Disamarkan Sebagai Bantuan untuk Ukraina, Tangkap 30 Orang

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 08:27
share

MADRID - Polisi di Spanyol telah menangkap 30 orang yang dituduh menyelundupkan ganja yang disamarkan sebagai bantuan untuk Ukraina. Warga Ukraina, Spanyol, Jerman, dan Maroko termasuk di antara mereka yang ditahan dalam penggerebekan di wilayah Andalusia itu.

Narkoba itu berasal dari seluruh wilayah selatan, dikemas dalam kotak kardus, dan dibawa dalam konvoi ke beberapa negara, kata polisi sebagaimana dilansir BBC .

Penyitaan itu terjadi sebulan setelah polisi Spanyol mengumumkan tangkapan ganja terbesar yang pernah ditemukan di negara itu.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin, (5/12/2022) kepolisian Guardia Civil mengatakan polisi menjadi curiga setelah mengidentifikasi sekelompok orang Ukraina di Costa del Sol yang mengumpulkan ganja dan menyimpannya di sebuah flat di Mijas, dekat Malaga.

Narkoba itu dikemas dalam kantong vakum dan ditempatkan dalam kotak kardus di mobil van yang terdaftar di Ukraina, yang melanjutkan perjalanan "sebagai konvoi solidaritas sehingga mereka dapat lewat di bawah radar polisi dan pengawas perbatasan", katanya.

Dalam penggerebekan di provinsi Malaga dan di kota selatan Granada, Cordoba dan Seville, polisi menyita hampir 800.000 (sekira Rp13 miliar), enam senjata dan 2.500 tanaman ganja.

Ribuan orang di seluruh Eropa telah terlibat dalam upaya meringankan penderitaan warga sipil Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi ke tetangganya pada 24 Februari.

Topik Menarik