Gibran Sebut Air Siraman Kaesang Pangarep Berasal dari 7 Mata Air

Gibran Sebut Air Siraman Kaesang Pangarep Berasal dari 7 Mata Air

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 21:54
share

SOLO, iNewskaranganyar.id - Siraman Kaesang Pangarep sebelum resmi mempersunting Erina Gundono nanti menggunakan 7 air yang diambil dari tempat berbeda-beda

Tujuh air yang diambil dari 7 tempat itu digunakan sebelumn prosesi ijab kabul pernikahan putra bungsu orang nomer satu di Republik Indonesia itu berasal dari Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan,

Sesuai dengan tradisi Jawa, jelang pernikahan ada beberapa tradisi yang dijalani, salah satunya adalah acara siraman.

Untuk air siraman yang akan di gunakan Kaesang Pangarep menggunakan 7 air yang berasal dari berbagai sumber.

Baik dari Pura Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, air umbul Pengging Boyolali serta kediaman pribadi Jokowi dan rumah dari ibunda Jokowi.

Sedangkan calon mempelai wanita akan melaksanakan siraman di kediamannya Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka sebut untuk acara siraman rencananya dilaksanakan pada hari Jumat (9/11/2022) di rumah pribadi di Sumber, Solo.

Hari Jumat (siraman) jam 09.00 WIB, ucap Gibran, Senin (5/12/2022).

Prosesi siraman akan dilakukan langsung oleh ayah dan Ibu Kaesang Pangarep, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.Setelah kedua orang, dilanjutkan sesepuh dari kedua keluarga tersebut.

Yang melakukan siraman itu Bapak, Ibu, pakde, bude, dan paklik yang sudah mantu (menikahkan anaknya), terang Gibran.

Disamping itu sebelum acara siraman, keluarga akan memasang bleketepe yang berasal dari anyaman daun kelapa yang berwarna hijau. Sedangkan malam harinya (Jumat) menggelar acara pengajian dan juga midodareni.

Untuk akad pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12) di Yogyakarta. Untuk acara di Solo adalah syukuran Ngunduh Mantu pada Minggu (11/12/2022).***

Topik Menarik