Untung Rugi Anies Baswedan Didukung Rizieq Shihab Cs, Omongan Emrus Sihombing Nggak Disangka-sangka

Untung Rugi Anies Baswedan Didukung Rizieq Shihab Cs, Omongan Emrus Sihombing Nggak Disangka-sangka

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 17:25
share

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai bakal calon presiden usulan Partai NasDem Anies Baswedan akan diuntungkan jika mendapat dukungan dari eks Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Bagaimanapun sebagai seorang kandidat calon presiden, dukungan satu orang warga negara atau sekelompok warga negara itu saya kira diperlukan oleh para kandidat," kata Emrus saat dikonfirmasi Populis.id , Senin (5/12/2022).

Emrus mengatakan bahwa dukungan HRS sama sekali tidak akan membawa dampak kerugian apapun kepada Anies. Sekalipun dukungan itu datang dari kelompok yang berbeda aliran secara politik.

"Bentuk dukungan dari siapapun akan tetap menguntungkan buat bung Anies. Jadi saya tidak lihat ada bumerangnya," ujarnya.

Akademisi dari Universitas Pelita Harapan ini pun tidak sepakat jika HRS disebut membawa sentimen negatif. Menurutnya, hal itu hanya penilaian subyektif yang tidak bisa disama ratakan kepada setiap orang.

"Saya kira sentimen negatif terhadap Habib Rizieq sangat perspektif, jadi tidak bisa kita langsung mengatakan bahwa ada sentimen negatif, belum tentu juga, saya juga tidak setuju," katanya.

Emrus menilai, semakin banyak dukungan dari aliran politik yang berbeda justru semakin bagus. Hal itu sangat dimungkinkan terjadi karena dalam politik kelompok yang berbeda aliran bisa saja bersatu jika memiliki kepentingan yang sama.

"Bisa saja karena ketokohan Anies menjadi berbagai pihak yang berbeda aliran politik bisa saja menyatu karena ketokohan Anies. Jadi sangat dinamis," ungkapnya.

Topik Menarik