Berpeluang Besar Didukung Rizieq Shihab Cs, Anies Baswedan Belum Tentu Didukung PKS dan Demokrat!

Berpeluang Besar Didukung Rizieq Shihab Cs, Anies Baswedan Belum Tentu Didukung PKS dan Demokrat!

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 15:40
share

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai eks imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab (HRS) berpeluang memberi dukungan kepada eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatangkan.

Dukungan itu bisa saja diberikan jika Anies dan HRS punya komunikasi yang bagus. Sebagaimana hubungan keduanya pernah terjalin cukup baik saat Anies hendak melaju di kontestasi Pilgub 2018.

"Sangat tergantung dengan negosiasi dan komunikasi politik yang terjalin antara Habib Rizieq Shihab dengan Anies, kalau terjalin dengan baik saya kira terbuka juga untuk memberi dukungan," kata Emrus saat dikonfirmasi Populis.id, Senin (5/12/2022).

Emrus mengaku tidak mengetahui betul bagaimana komunikasi yang dibangun Anies dan HRS saat ini. Mengingat hubungan keduanya sempat tak terlihat saat HRS terseret kasus sampai masuk penjara, hingga akhirnya bebas kembali.

"Tapi kita tidak tahu sampai sekarang sejauh mana intens komunikasi politik yang diintensifkan saat ini," ujarnya.

Emrus menegaskan bahwa Rizieq dan gerombolannya bisa saja memberi dukungan jika Anies sudah bisa dipastikan maju mencalonkan diri sebagai capres. Sebab, saat ini belum ada kepastian partai-partai apa saja yang siap untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

"Hanya saja bahwa apakah Anies pasti maju, undang-undang kita mengatakan harus diusung oleh partai, kecuali memang calon presiden itu bisa independen seperti Pilkada, ini kan tidak. Nah yang baru beri dukungan definitif itu kan baru NasDem, PKS dan Demokrat belum," jelasnya.

Topik Menarik