Loading...
Loading…
Pidato Kenegaraan Jokowi Tanpa Dihadiri Mantan Presiden

Pidato Kenegaraan Jokowi Tanpa Dihadiri Mantan Presiden

Nasional | inewsid | Jumat, 14 Agustus 2020 - 05:00

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 mengubah sebagian besar kebiasaan pada pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD dan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya, tamu undangan forum resmi ini akan dibatasi.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menuturkan, sesuai protokol kesehatan tamu undangan hanya 50 persen dari kapasitas ruangan. Kesekretarian DPR pun menentukan siapa saja yang dapat hadir secara fisik.

Untuk unsur DPR itu (yang hadir) pimpinan DPR, ketua fraksi, sekretaris fraksi, ketua komisi dan wakil ketua komisi, serta kapoksi (ketua kelompok fraksi) termasuk ketua AKD (alat kelengkapan dewan) dan wakilnya, kata Indra, Kamis (13/8/2020).

Berdasarkan penghitungan, perwakilan dari DPR berjumlah 176 orang. Dari unsur MPR hanya 51 yakni pimpinan, DPD sekitar 50 orang. Jumlah ini jauh menyusut dibandingkan tahun-tahun lalu ketika pandemi Covid-19 belum muncul.

Lazimnya Sidang Tahunan MPR dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tersebut mengundang 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD. Selain itu, tamu undangan yang antara lain mantan presiden RI, seluruh menteri dan kepala lembaga negara, ketua umum dan elite parpol, tokoh masyarakat, kepala daerah dan duta besar (dubes) negara sahabat.

Itu belum termasuk orkestra Githa Bahana Nusantara yang mengisi musik dan lagu-lagu nasional/daerah dalam acara tahunan ini. Semuanya ditiadakan.

Sangat minimalis. Anggota yang tidak hadir secara fisik diundang melalui virtual, termasuk mantan presiden RI, ucap Indra.

Bahkan, kata Indra, untuk acara ini tidak seluruh menteri diundang hadir ke Kompleks Parlemen. Hanya empat menteri koordinator (menko) yang akan hadir secara fisik.

Untuk dekorasi ruangan, mirip dengan tahun sebelumnya. Kendati demikian, tema khusus tahun ini Kalimantan.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{