Super Megah, Gerbang Cap Go Meh Singkawang Simbol Kerukunan 3 Etnis Diresmikan

Super Megah, Gerbang Cap Go Meh Singkawang Simbol Kerukunan 3 Etnis Diresmikan

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 09:25
share

SINGKAWANG, iNews.id - Gerbang Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, akhirnya diresmikan, Sabtu (3/12/2022). Gerbang tersebut berada di Kelurahan Sedau, Singkawang Selatan yang merupakan perbatasan Kota Singkawang dengan Kabupaten Bengkayang.

Gerbang yang kita bangun ini merupakan unsur Tridayu, sebagai kota tertoleran di Indonesia, kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dikutip dari laman Instagram Kominfo Singkawang, Senin (5/12/2022).

Gerbang Cap Go Meh dirancang dengan pendekatan kontemporer terhadap elemen tradisional khas Kota Singkawang, dan melambangkan kerukunan tiga etnis yang berbeda: Tionghoa, Dayak dan Melayu (Tridayu).

Bentuk utama gerbang merupakan penyederhanaan dari atap Seribu Kelenteng pada Kota Singkawang. Dikombinasikan dengan bentuk tungku naga, sebuah peninggalan budaya kerajinan keramik Singkawang.

Siluet naga kembar dan mutiara menyimbolkan perarakan naga pada Festival Cap Go Meh yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Gerbang
Gerbang Cap Go Meh diresmikan, Sabtu (3/12/2022). (Foto: Instagram Kominfo Singkawang)

Tjhai Chui Mie mengatakan, berdirinya gerbang ini akan menambah daya pikat Kota Singkawang untuk mengundang lebih banyak wisatawan datang.

Sehingga bisa dapat mengangkat perekonomian masyarakat, tuturnya.

Topik Menarik