Ratusan Pengungsi Erupsi Semeru Pulang Selamatkan Hewan Ternak ke Tempat Aman

Ratusan Pengungsi Erupsi Semeru Pulang Selamatkan Hewan Ternak ke Tempat Aman

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 09:00
share

LUMAJANG, iNews.id - Ratusan warga Dusun Kajarkuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, kembali ke rumah masing-masing, Senin (5/12/2022) pagi. Mereka datang untuk menyelamatkan hewan ternak dan harta benda yang tak sempat dievakuasi saat erupsi, Minggu (4/12/2022) kemarin.

Saat itu mereka semua panik dan ketakutan sehingga pergi meninggalkan rumah begitu saja, tanpa sempat membawa harta benda dan ternak. Karenanya, mumpun kondisi berangsung normal, mereka pulang untuk menyelamatkan ternak dan harta benda.

Rencananya puluhan kambing ini akan dievakuasi ke tempat yang lebih aman, yakni di Desa Penanggal dan Desa Sumbermujur.
Warga sendiri mengaku masih trauma akibat erupsi yang terjadi, terlebih aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih fluktuatif.

Pengennya dibawa ke huntap (hunian tetap korban erupsi Semeru) kalau masih ada tempat. Sebab, kalau di sini takut. Masih trauma, kata salah seorang pengungsi, Misti.

Pengakuan sama juga disampaikan salah seorang warga, Alex. Pagi ini dia bersama kerabat dan seluruh warga kembali ke rumah untuk menyelamatkan ternak dan harta benda.

Selanjutnya, mereka akan memindahkan hewan ternak dan kembali mengungsi hingga situasi benar-benar aman. Bagaimana ya mas, kondisinya belum aman. Jadi dipindahkan, katanya.

Sementara itu, ribuan warga masih mengungsi di sejumlah titik pengungsian saat malam hari. Mereka akan kembali ke rumah saat siang hari.

Topik Menarik