Sedang Sholat, 12 Jamaah Tewas Dibantai KKB

Sedang Sholat, 12 Jamaah Tewas Dibantai KKB

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 20:26
share

MAIDUGURI, iNewsPantura.id Sebanyak 12 jamaah yang sedang menjalankan sholat dibantai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nigeria.

Insiden tragis itu diungkapkan oleh penduduk setempat pada Minggu (4/12/2022). Reuters melansir, KKB menyerang penduduk dengan tingkat keamanan longgar. Mereka membunuh atau menculik warga untuk mendapatkan uang tebusan.

KKB di sana juga memalak penduduk desa untuk membayar biaya perlindungan agar mereka dapat bertani dan memanen tanaman mereka tanpa gangguan.

Lawal Haruna, seorang warga Kabupaten Funtua di Negara Bagian Katsina, mengatakan bahwa para bandit bersenjata itu tiba di Masjid Maigamji dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di rumah ibadah itu, mereka mulai menembak secara acak dan sporadis.

Serangan itu membuat jemaah berhamburan dari masjid dan melarikan diri. Haruna mengatakan, sekitar 12 orang, yang sedang menunaikan sholat berjemaah, tertembak dan tewas, termasuk imam masjid.

Mereka kemudian mengumpulkan banyak orang dan membawa mereka ke semak-semak. Saya berdoa agar para penjahat membebaskan orang tak bersalah yang mereka culik, kata Abdullahi Mohammed, warga Funtua lainnya.

Juru Bicara Kepolisian Negara Bagian Katsina, Gambo Isah, membenarkan serangan KKB itu. Dia mengatakan, beberapa jemaah berhasil diselamatkan.

Katsina menjadi salah satu dari beberapa negara bagian di barat laut Nigeria yang berbagi perbatasan dengan negara tetangga Niger. Situasi itu memungkinkan KKB bergerak bebas di antara kedua negara.

Militer Nigeria telah membom kamp-kamp semak yang digunakan para penjahat bersenjata itu. Akan tetapi, serangan mereka masih saja terus berlanjut, sehingg menimbulkan kekhawatiran penduduk.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id , Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/biadab-kkb-bantai-12-jemaah-masjid-yang-sedang-sholat-termasuk-imam/2.

Topik Menarik