Mengandung Antiseptik, Ini Manfaat Berkumur Air Garam

Mengandung Antiseptik, Ini Manfaat Berkumur Air Garam

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 15:57
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Karang gigi adalah lapisan seperti kotoran yang mengeras di gigi. Karang gigi sulit dihilangkan, meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali. Oleh sebab itu, penanganannya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Banyak orang yang enggan ke dokter gigi, bisa karena biaya, persoalan waktu atau karena takut. Nah, banyak orang kemudian mencari cara untuk membersihkan karang gigi tanpa perlu ke dokter, salah satunya adalah dengan berkumur air galam.

Tapi, benarkah membersihkan karang gigi bisa dilakukan begitu saja dengan garam? Garam memang memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik. Antiseptik tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rongga mulut dari plak gigi, bukan karang gigi.

Plak gigi merupakan lapisan berisi sisa makanan yang menjadi awal terbentuknya karang gigi. Dengan menghilangkan plak, maka juga akan mencegah munculnya karang gigi. Karang gigi tercipta akibat plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dan benar, atau sisa makanan yang dihinggapi oleh bakteri.

Garam sebagai antiseptik dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Namun, garam tetap tidak mampu menghilangkan karang gigi sepenuhnya.

Manfaat garam hanya untuk membantu membersihkan plak gigi, sehingga mencegah terjadinya karang gigi. Apabila sudah timbul karang gigi, satu-satunya cara terbaik adalah pergi ke dokter gigi untuk dilakukan pembersihan atau scaling.

Memang air garam tidak bisa menghancurkan karang giogi, tapi berkumur air garam bermanfaat untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Caranya sangat mudah: cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berisi air. Lakukan kumur-kumur selama 20-30 detik. Berkumur air garam ini dapat dilakukan 1-3 kali dalam sehari.

Dalam berkumur, lakukanlah secara merata hingga menjangkau semua permukaan gigi. Berkumur paling bermanfaat untuk gigi geraham paling belakang, terutama jika kondisi gigi bungsu tumbuh tidak sempurna atau sedikit miring.

Air garam juga akan membuang sisa makanan pada celah-celah gigi dan gusi. Bagian yang teraliri oleh air garam pun akan mendapatkan efek antibakteri. Waktu yang tepat untuk melakukan kumur dengan air garam, yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, di kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/28/611/2716409/apa-betul-air-garam-bisa-hilangkan-karang-gigi?page=2

Topik Menarik