Sempat Viral Ikan di Jakarta Naik ke Daratan, Ini Penjelasanya Menurut Tim KPKP

Sempat Viral Ikan di Jakarta Naik ke Daratan, Ini Penjelasanya Menurut Tim KPKP

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 15:08
share

SERANG, iNewsBanten - Fenomena langka banyaknya ikan yang terdampar di daratan Kepulauan Seribu dan pesisir Jakarta Utara membuat gempar masyarakat Ibu Kota.

Kasudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan, pihaknya melakukan penelitian ini dengan dugaan ratusan hingga ribuan ikan muncul karena memakan plankton beracun.

Kami lakukan uji ikan apakah plankton ini sempat dimakan ikan, yang mengakibatkan ikan menjadi mabuk. Nah itu yang kami uji,ucap Devi Lidya saat dikonfirmasi, Jumat (2/12/2022).

Pihaknya menduga, ikan-ikan kecil yang lompat ke daratan beberapa hari lalu dipicu adanya plankton dari dasar laut.

Keberadaan plankton tersebut, lanjut dia, membuat air laut menjadi keruh dan mengakibatkan ikan menjadi mabuk.

Kan plankton ada plankton beracun dan tidak beracun. Nah kalau plankton beracun bisa dikasih indikasi ikannya enggak bagus dimakan, ucap Devi.

Di sisi lain, Tim KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu juga meneliti sampel air laut di Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Hasil penelitian, standar baku mutu air di perairan itu rupanya berada di atas ambang batas.

Hal inilah yang diduga kuat menjadi penyebab utama ribuan ikan kecil berloncatan keluar air hingga terdampar di daratan.

Sebelumnya, video viral beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp yang menampilkan sekitar ribuan ikan berukuran sedang naik ke daratan salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Berdasarkan video berdurasi 30 detik ini, terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dari video terlihat ikan-ikan melompat dari lautan dan memenuhi dermaga. Warga yang merekam video tersebut mengarahkan kameranya ke arah dermaga yang sudah dipenuhi ikan-ikan.

Waduh, panen, panen, panen!, kata si perekam video.

Perekam video lantas berjalan menyusuri dermaga di Pulau Onrust tersebut dan menampilkan hal serupa.

Ribuan ikan tersebut terus melompat dari permukaan air ke daratan. Alhasil, ikan-ikan itu terkapar di sepanjang dermaga. Ada fenomena alam. Sekelilingnya penuh, sekelilingnya penuh, penuh sekeliling pulau, kata perekam video.

Sementara itu Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi, saat dikonfirmasi mengatakan, fenomena tersebut benar terjadi di Pulau Onrust. Hingga kini, penyebab ikan-ikan tiba-tiba naik ke daratan masih diselidiki.

Lagi diselidiki oleh Sudin KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian) Kepulauan Seribu,pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://megapolitan.okezone.com/read/2022/12/03/338/2720029/fenomena-langka-ribuan-ikan-di-pesisir-jakarta-lompat-ke-darat-akibat-plankton-beracun

Topik Menarik