Gempa Bumi Guncang Garut, Getarannya Bisa Pecahkan Gerabah

Gempa Bumi Guncang Garut, Getarannya Bisa Pecahkan Gerabah

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 17:57
share

GARUT Guncangan gempa mengagetkan warga Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa bermagnitudo 6,4 tersebut, terjadi sekitar pukul 16.49 WIB, Sabtu (3/12/2022). Dari catatan BMKG, gempa ini dirasakan IV Skala MMI di wilayah Kabupaten Garut.

Getaran gempa yang dirasakan IV Skala MMI ini, digambarkan oleh BMKG, apabila terjadi pada siang hari, akan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar rumah dirasakan oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Sementara di wilayah Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, dan Tasik, getaran gempa dirasakan III Skala MMI. Artinya, getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan di wilayah Pamoyanan, dan Panimbang, getaran gempa dirasakan II Skala MMI. Yakni, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut. BMKG menyatakan, gempa yang berada di koordinat 7,51 Lintang Selatan (LS), dan 107,52 Bujur Timur (BT) tersebut, tidak memicu terjadinya tsunami.

(eyt)

Topik Menarik