Ini Sosok Bripka Darius Asmuruf Bhabinkamtibmas Polres Kota Sorong yang Tanpa Pamrih

Ini Sosok Bripka Darius Asmuruf Bhabinkamtibmas Polres Kota Sorong yang Tanpa Pamrih

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 13:30
share

KOTA SORONG, iNewsSorong.id - Peran seorang Bhabinkamtibmas ditengah-tengah masyarakat sangatlah penting.Walaupun tugas itu tidaklah mudah, namun seorang Bhabinkamtibmas dituntut untuk memiliki inovasi dan kreatifitas dalam menjalankan tugas melayani masyarakat di wilayah binaannya tanpa mengenal waktu.

Hal inilah yang tergambar dari potret seorang Bhabinkamtibmas, Polres Sorong Kota, Bripka Darius Asmuruf, pria bertubuh gempal ini merupakan sosok Bhabinkamtibmas di wilayah Kelurahan Puncak Cendrawasih Kota Sorong, Papua Barat.

Dalam pelaksanaan tugasnya, pria kelahiran Maybrat Papua, Barat ini merupakan anggota Polri yang bertugas di Polsek Sorong Barat, Polres Sorong Kota, Polda Papua Barat sebagai Bhabinkamtibmas Puncak Cenderawasih.

Karakter masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai macam suku, agama, latar belakang pekerjaan dan latar belakang pendidikan menjadikan tantangan tersendiri bagi Bripka Darius Asmuruf untuk dapat menyesuaikan dengan keadaan wilayah.

Ditemui disela-sela kesibukannya Bripka Darius mengatakan, Paradigma kepolisian yang sudah berubah, yakni melayani dengan hati dan tidak mengedepankan sikap-sikap arogan, membuat pelayanan yang berhubungan dengan Kepolisian harus diutamakan dengan pendekatan persuasif dari sisi kehidupan.

Saya ini orang asli maybrat dan menjadi Babinkamtibmas di Kelurahan Puncak Cendrawasih, masyarakatnya di sini berasal dari berbagai macam suku, oleh sebab itu kadang saya harus bisa menjadi orang jawa, kadang kadang jadi orang Bugis untuk dapat bersatu dengan warga saya satu Kelurahan Ujar Darius.

Masih kata, Bripka Darius, Banyak sudah permasalahan yang menyangkut tindak pidana tidak dilaporkan ke Polsek maupun Polres dikarenakan sudah diselesaikan terlebih dahulu dengan metode restorative Justice di wilayah binaan oleh bhabinkamtibmas.

Coba dibayangkan apabila permasalahan pencurian sendal misalnya antara tetangga, apabila langsung dibuatkan laporan polisi maka crime total akan meningkat, oleh sebab itu kita Bhabinkamtibmas bertugas membuat wilayah kondusif dengan memperhatikan kedua belah pihak tambah Darius.

Terpisah, Salah satu warga Kota Sorong, Alfonsina Kareth yang sering berjualan sayuran mengungkapkan bahwa keberadaan seorang Bhabinkamtibmas di wilayahnya sangat dirasakan sekali manfaatnya, karena setiap ada permasalahan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Beliau selalu hadir, tanpa mengenal waktu, kami salut untuk sosok Polisi seperti beliau. Setiap ada permasalahan beliau pasti hadir dan menyelesaikan persoalan-persoalan dengan tuntas, ungkap Alfonsina.

Alfonsina menambahkan, keberhasilan tugas kepolisian bukan saja memberantas kriminal namun lebih dari itu adalah menjamin kondusifnya suatu wilayah memerlukan peran besar seorang Bhabinkamtibmas.

Tugas dan keberhasilan dari kepolisian bukan hanya diukur dari menangkap pelaku kejahatan atau tindak kriminal, akan tetapi kondusifnya suatu wilayah tidak lepas dari peran besar seorang Babinkamtibmas,Tutup Alfonsina Kareth.

Topik Menarik