Waduh, Uni Emirat Arab Kembali Tunda Peluncuran Misi ke Bulan

Waduh, Uni Emirat Arab Kembali Tunda Peluncuran Misi ke Bulan

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 17:15
share

ISTANBUL, NETRALNEWS.COM - Uni Emirat Arab (UAE) lagi-lagi menunda peluncuran misi ke bulan mereka untuk kedua kalinya pada Kamis (1/12/2022).

Misi bulan pertama di dunia Arab, Rashid Rover, mulanya dijadwalkan meluncur pada Rabu, namun ditunda sehari hingga Kamis sebelum kembali mengalami penundaan.

Perusahaan penjelajah bulan global, iSpace, mengatakan misi tersebut ditunda untuk melakukan pemeriksaan tambahan sebelum terbang pada kendaraan.

"Setelah pemeriksaan lebih lanjut pada kendaraan dan tinjauan data, kami mundur dari peluncuran HAKUTO-R Mission 1 milik ipsace_inc (saat ini) besok, tanggal target peluncuran yang baru akan diinformasikan begitu ada konfirmasi," katanya di Twitter.

Pusat Luar Angkasa Mohammed bin Rashid mengatakan tanggal peluncuran yang baru akan ditetapkan dalam beberapa hari ke depan.

Jika kendaraan penjelajah Rashid sukses mendarat di bulan, maka itu akan menjadi misi bulan pertama di dunia Arab sekaligus menempatkan UAE menjadi negara keempat yang mencapai bulan.

Misi itu juga akan melihat pesawat luar angkasa pertama yang didanai dan dibangun oleh perusahaan swasta Jepang mendarat di bulan.

Topik Menarik