Loading...
Loading…
Agar Hidupmu Kian Berkah, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Hari Jumat

Agar Hidupmu Kian Berkah, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Hari Jumat

Powered by BuddyKu
Nasional | Buka Mata News | Jumat, 02 Desember 2022 - 05:09

BUKAMATA Terkadang kita begitu asyik dengan pekerjaan sehari-hari dan mungkin terlalu sibuk dengan antisipasi akhir pekan yang akan datang sehingga kita mengabaikan berkah hari Jumat.

Jumat atau Jumuah, adalah hari favorit Allah dalam seminggu. Jumuah dimulai setelah Maghrib pada Kamis dan diakhiri dengan sholat Maghrib pada Jumat, menurut kalender Islam. Untuk itu umat Islam diimbau memulai ibadah mereka pada malam sebelum Jumat.

Pentingnya Jumuah sangatlah jelas, seperti yang dikatakan Nabi Muhammad (SAW):

Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim)

Jadi bagaimana Anda akan memanfaatkan hari berkah ini? Dilansir di About Islam, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Mandi yang bersih

Karena hari Jumat tidak seperti hari lainnya, diperlukan kehati-hatian ekstra dalam hal kebersihan dan persiapan. Setiap Muslim harus mandi, memotong kukunya, menyikat giginya, dan mengenakan pakaian bersih yang baru disetrika dengan percikan parfum yang baik pada hari ini (non-alkohol). Dari segi relevansi, semua itu harus dilakukan sebelum sholat Jumat.

Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

Jika salah seorang kalian mendatangi sholat Jumat hendaklah ia mandi. (HR. Bukhari).

2. Mendengarkan khutbah dan sholat Jumat berjamaah

Semua laki-laki disarankan mengakhiri aktivitas duniawi mereka sedikit lebih awal pada Jumat dan mengambil cuti agar mereka dapat berada di masjid tepat waktu.Khutbah Jumat yang dikenal dengan Khutbah Jumuah merupakan sunnah dan wajib didengar oleh semua orang. Hadits berikut oleh Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah bersabda: Jika tiba hari Jumat, para malaikat berada di setiap pintu masjid untuk mencatat siapa yang datang pertama. Jika Imam sudah duduk (di mimbarnya) para malaikat itu menutup catatannya dan masuk ke masjid untuk mendengarkan khutbah (HR. Bukhari).

Setiap laki-laki Muslim diwajibkan mengikuti sholat Jumat secara berjamaah. Allah SWT berfirman dalam Alquran:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahu. (Surah Jumuah:9)

3. Doa yang melimpah

Nabi Muhammad bersabda:

Ada saatnya (yaitu Jumat) di mana Allah mengabulkan permintaan setiap hamba Muslim yang kebetulan meminta sesuatu kepada Allah sambil berdiri dalam sholat." (Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi buatlah doa sebanyak mungkin pada hari ini dan manfaatkan kesempatan luar biasa ini agar doa Anda dijawab oleh Yang Mahakuasa.

4. Bacalah Surat Al-Kahfi

Tahap ini membantu seseorang dalam bertaubat dari dosa, mendapatkan berkah Allah SWT, dan mempersiapkan hari akhir. Oleh karena itu, setiap Muslim harus bertujuan untuk membiasakan diri membaca surat Al-Kahfi secara teratur. Luangkan waktu di siang hari untuk membaca surat Al-Kahfi, karena menurut hadis Nabi (SAW):

Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum\'at, maka baginya cahaya antara Jumat ini dan Jumat berikutnya. (Sunan Al-Kubra 5856)

Nabi Muhammad (SAW) juga bersabda:

Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal. (HR Muslim).

5. Mengirimkan shalawat kepada Nabi SAW

Di samping mengingat Allah (SWT) secara teratur, peningkatan berkah harus dicurahkan kepada Nabi kita Muhammad (SAW) pada hari Jumat, sebagaimana dinyatakan dalam hadits:

Sesungguhnya hari yang afdhal bagi kalian adalah hari Jumat; padanya Adam diciptakan dan diwafatkan, pada Jumat juga sangkakala (pertanda kiamat) ditiup dan padanya juga mereka dibangkitkan, karena itu perbanyaklah bershalawat kepadaku karena shalawat kalian akan diperhadapkan kepadaku. (HR. Abu Daud)

Ikuti kegiatan ini dan lakukan di atas dan di luar setiap Jumuah. Bersiaplah untuk Jumuah sebelumnya, dan bekerja lebih keras untuk membungkus mantel berkah dan manfaat Allah.

Semoga Allah (SWT) memberikan motivasi kepada saudara dan saudari Muslim kita untuk mengikuti semua ini setiap hari!

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{