Elektabilitas Anies Berhasil Nyalip Prabowo, NasDem: Terjawab Sudah, Bukti Kepercayaan Masyarakat Makin...

Elektabilitas Anies Berhasil Nyalip Prabowo, NasDem: Terjawab Sudah, Bukti Kepercayaan Masyarakat Makin...

Nasional | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 18:17
share

Elektabilitas eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merangkak naik usai dirinya dideklarasikan sebagai capres oleh Partai NasDem dan mengadakan safari politik ke sejumlah daerah. Anies bahkan mampu menyalip elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Merespon hal itu, Tim Pemenangan pemilu NasDem Jawa 1 Banten-DKI Bestari Barus menilai bahwa hal tersebut sebagai jawaban atas tudingan-tudingan negatif sejumlah pihak yang selama ini meragukan sekaligus menyudutkan Anies maupun NasDem.

"Hari ini ada hasil beberapa lembaga survei yang menyatakan terdongkraknya melampaui Pak Prabowo, kemudian yang disampaikan di beberapa lembaga survei bahwa NasDem tidak terdongkrak, hari ini terjawab semua," kata Bestari kepada Populis.id, Rabu (30/11/2022).

Bestari menilai, secara perlahan kepercayaan masyarakat terhadap Anies kian bertambah karena adanya kepastian bahwa eks Gubernur DKI itu akan menjadi capres di Pilpres 2024. Hal ini yang membuat elektabilitas Anies terus terdongkrak sampai menyalip Prabowo.

"Kita bukan mau berbangga diri, tapi paling tidak kita melihat ada respon yang luar biasa, kepercayaan masyarakat terhadap Anies," ujarnya.

Eks Anggota DPRD DKI Jakarta itu kemudian berharap partai-partai calon mitra koalisi perubahan, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat dan Partai NasDem bisa sesegera mungkin bersama-sama mengumumkan Anies sebagai capres di Pilpres agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

"Kita harap ke depan bahwa kawan-kawan partai calon mitra koalisi, untuk kita dapat bersegera bersama-sama mengusung pak Anies dan wakilnya, supaya semakin jelas," ungkapnya.

Seperti diketahui, menurut hasil survei Charta Politika yang dirilis pada Selasa (29/11/2022), tingkat elektoral Anies Baswedan berada di urutan kedua, dan berhasil menggeser Prabowo Subianto menjadi peringkat ketiga.

Anies berhasil meraih elektabilitas sebesar 23,1 persen, dan elektabilitas Prabowo sebesar 22,0 persen. Sementara, di posisi pertama diisi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 32,6 persen.

Sebelumnya, dalam survei yang dilakukan pada September 2022, Anies berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 20,6 persen. Sementara Prabowo berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24,4 persen.

Topik Menarik