DPR Tak Ingin Ada Permainan Harga Tiket Transportasi Jelang Nataru

DPR Tak Ingin Ada Permainan Harga Tiket Transportasi Jelang Nataru

Nasional | jawapos | Rabu, 30 November 2022 - 18:03
share

JawaPos.com- Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni mengingatkan pemerintah dan lembaga terkait agar memastikan tidak adanya permainan harga tiket transportasi menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Pasalnya, dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, harga tiket transportasi bisa tiba-tiba melonjak dan terkadang harga tersebut tidak masuk akal.

Jangan sampai ada pihak-pihak yang mencari keuntungan yang tidak wajar di masa-masa krusial, jangan sampai masyarakat justru terbebani dan dibuat susah oleh ulah dari para pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, untuk hari-hari besar tolong jangan suka memainkan harga tiket, kata Sri Wahyuni, Rabu (30/11).

Komisi V DPR akan mengadakan rapat dengan pemerintah dan stakeholder terkait harga tiket transportasi jelang Natal dan Tahun Baru. Dia berharap, semua pihak menaruh perhatian dengan hal tersebut.

Nanti pada kesempatan rapat dengan pihak-pihak terkait mengenai tiket nanti akan kami sampaikan lagi hal itu ya, tegasnya.

Senada, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan terkait dengan harga tiket pihaknya akan melihat sesuai dengan fungsi pengawasan. Ia menyebut kesiapan tersebut menyangkut segala aspek yang berhubungan dengan libur Nataru seperti infrastruktur hingga harga tiket transportasi terutama tiket pesawat.

Soal tiket pesawat ini memang sudah diatur untuk ambang harga tertinggi dan terbawah jadi saya kira dari kemenhub tinggal kita awasi cara kerja dari maskapai masing masing seperti apa, ucap Andi Iwan.

Andi menuturkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan pada pemerintah menjelang nataru. Selain itu, Andi juga menyebut perlu disiapkan juga sanksi kepada oknum yang mengambil keuntungan pribadi.

Untuk sanksi ini tentu sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan walaupun kemudian naiknya harga avtur ini dari pihak kemenhub sudah memberikan relaksasi dalam hal tersebut, pungkas Andi. (*)

Topik Menarik