Grup A dan B Tuntas, Belanda vs AS dan Inggris vs Senegal di 16 Besar

Grup A dan B Tuntas, Belanda vs AS dan Inggris vs Senegal di 16 Besar

Nasional | jawapos | Rabu, 30 November 2022 - 16:46
share

JawaPos.com Grup A dan Grup B telah merampungkan semua laga di penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan tuntasnya laga di Grup A dan Grup B, maka sudah ada 2 partai di babak 16 besar. Kedua partai tersebut adalah Belanda vs Amerika Serikat dan Inggris vs Senegal.

Belanda dan Senegal merupakan dua tim yang lolos dari Grup A. Belanda menjadi juara grup, sementara Senegal berstatus runner-up.

Dalam laga pamungkas Grup A, Selasa (29/11) malam WIB, Belanda menang 2-0 atas Qatar sehingga mengemas 7 angka. Sedangkan Senegal menumbangkan Ekuador dengan skor 2-1 dan mengoleksi 6 angka.

Sementara itu, Inggris dan Amerika Serikat (AS) lolos dar Grup B. Inggris sebagai juara grup, sedangkan AS runner-up. Inggris melaju setelah menang 3-0 atas Wales pada Rabu (30/11) dini hari WIB. Sementara AS menang 1-0 atas Iran.

Dengan komposisi tersebut, Belanda sebagai juara Grup A menghadapi AS yang berstatis runner-up Grup B di babak 16 besar. Sedangkan Senegal (runner-up Grup A) menghadapi Inggris (juara Grup B).

Bagi Belanda, pertemuan dengan AS merupakan yang pertama di ajang Piala Dunia. Namun, kedua tim sudah tidak asing lagi. Keduanya tercatat sudah 5 kali bersua dalam laga persahabatan. Dan, Belanda unggul dengan 4 kemenangan, sementara AS dengan 1 kemenangan. Menariknya, satu-satunya kemenangan AS atas Belanda terjadi pada laga terakhir kedua tim yakni pada 2015 silam. Kala itu AS menang dengan skor 4-3.

Sementara, Inggris dan Senegal untuk pertama kalinya bertemu. Kedua tim belum pernah bersua sebelumnya, baik dalam laga persahabatan maupun turnamen internasional. Ini akan menjadi perjumpaan menarik bagi kedua pelatih yakni Gareth Southgate dan Aliou Cisse.

Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022

Klasemen Akhir Grup B Piala Dunia 2022


Topik Menarik