Survei Median: Elektabilitas PDIP Kokoh di Puncak, Disusul Gerindra dan Golkar

Survei Median: Elektabilitas PDIP Kokoh di Puncak, Disusul Gerindra dan Golkar

Nasional | BuddyKu | Selasa, 29 November 2022 - 15:32
share

Lembaga survei Median merilis hasil survei nasional yang dilakukan pada 9-17 November 2022.

Dalam survei itu, elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih yang teratas dengan perolehan 22,5 persen suara.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menjelaskan bahwa elektabilitas PDIP ini mengalami kenaikan dari survei sebelumnya pada bulan Maret lalu.

"PDIP naik dari 19,6 persen menjadi 22,5 persen," ujar Rico Marbun dalam pemaparannya di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Dia menyebut, faktor utama suara PDIP terus menguat karena kader partai banteng itu sering terjun ke masyarakat memberikan bantuan.

Menurut Marbun, kenaikan suara PDIP ini tidak ada kaitannya dengan sosok Capres yang akan diusung.

Ganjar Pranowo maupun Puan Maharani yang digadang-gadang akan menjadi Capres PDIP itu tidak memberikan efek kenaikan elektabilitas partai.

Sementara, di urutan kedua ada Partai Gerindra yang memperoleh elektabilitas 14,4 persen. Kemudian Partai Golkar dengan suara 11,2 persen, urutan keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 10,2 persen.

Sedangkan Partai Demokrat bercokol di urutan kelima dengan perolehan suara 8,5 persen. NasDem berada di posisi keenam dengan elektabilitas 7,5 persen, berikutnya PKS 5,1 persen, PPP 3,9 persen, dan PAN di urutan terakhir 1,3 persen.

Survei ini dilakukan kepada 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender.

Topik Menarik