7 Fitur Telegram Ini Cocok Dipakai untuk Guru dan Murid

7 Fitur Telegram Ini Cocok Dipakai untuk Guru dan Murid

Nasional | jawapos | Selasa, 29 November 2022 - 13:56
share

JawaPos.com Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi. Kebijakan pemerintah yang melarang pembelajaran tatap muka telah memaksa dunia pendidikan untuk melakukan penyesuaian dalam berbagai hal, termasuk mengubah proses belajar mengajar dari luring menjadi daring.

Salah satu aplikasi yang bisa menunjang kebutuhan belajar ialah Telegram. Melalui aplikasi ini, ekosistem pembelajaran bisa diciptakan nyaman dan tidak membosankan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Ada 7 fitur penunjang kebutuhan belajar yang cocok untuk digunakan guru dan murid. Melalui fitur-fitur Telegram tersebut, baik guru dan siswa sangat memungkinkan melakukan otomatisasi, manajemen tugas, dan interaksi yang lancar.

Berikut ini 7 fitur Telegram yang bisa menunjang kebutuhan belajar bagi guru dan murid:

1. Pengatur Pengingat

Pasang dan atur pengingat sesuai tenggat waktu pengumpulan tugas hanya dengan menulis pesan di Saved Messages, tekan yang lama pada tombol kirim, kamu bisa mengatur pengingat. Pengingat yang berulang secara otomatis juga dapat dipasang dengan @SkeddyBot.

2. Bot File Converter

Kirimkan file apapun ke @newfileconverterbot dan bot tersebut akan mendeteksi jenis file tersebut, lalu mengkonversikannya file tersebut menjadi berbagai jenis file yang tersedia.

3. Transkrip Audio

Pengguna Telegram Premium dapat langsung mengkonversi pesan audio/video menjadi tulisan melalui voice-to-text Telegram. Murid atau guru juga dapat menggunakan fitur video chat dan menyelenggarakan kuliah virtual yang nantinya dapat direkam dan diunggah.

4. @Learn: Belajar dengan Nyaman

@Learn menyediakan kelas online yang dapat membantu kamu untuk menjadi Data Scientist atau Programmer dengan kursus pengantar Python.

5. Group canggih yang mudah diatur

Grup Telegram dapat menampung hingga 20.000 anggota dan berguna untuk grup angkatan. Manajemen grup menggunakan polling, mengatur pengingat menjadi lebih gampang dengan bot. Kerja kelompok juga terfasilitasi dengan reaksi, stiker, dan panggilan video group.

6. Berbasis Cloud dan Ukuran File yang Besar

Guru dan murid dapat mengakses Telegram dari perangkat apapun dan mengirim file hingga 2 GB. Sementara itu, pengguna Telegram premium dapat mengirim hingga 4 GB.

7. Kelompok Bahasan Sesuai Topik

Guru dan murid yang tergabung dalam grup dengan anggota lebih dari 200 anggota dapat mengelompokkan mata pelajaran atau bahasan dalam chat sesuai topik sehingga semuanya tertata dan mudah dilacak. Fitur ini juga akan berkembang seiring waktu dan akan ada beberapa pembaruan untuk grup yang lebih kecil.

Topik Menarik