Surabaya Kembali Aktifkan Gerai Vaksin di Mal dan Door-to-Door

Surabaya Kembali Aktifkan Gerai Vaksin di Mal dan Door-to-Door

Nasional | jawapos | Senin, 28 November 2022 - 21:33
share

JawaPos.com- Percepatan vaksin warga lanjut usia (lansia) untuk mendapatkan vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat mulai digalakkan di Surabaya. Untuk mencapai target, berbagai upaya dilakukan kecamatan. Seperti kembali menggencarkan vaksinasi di pusat perbelanjaan atau mal hingga secara door-to-door ke rumah warga.

Kemarin (27/11) Camat Simokerto Lakoli menyatakan telah berkoordinasi dengan kepala puskesmas di wilayahnya terkait percepatan booster kedua bagi lansia. Kegiatan vaksinasi pun telah dijadwalkan di beberapa tempat. Seperti di Kaza Mall, ITC, hingga puskesmas pembantu. Nantinya secara bergantian nakes (tenaga kesehatan, Red) dari Puskesmas Tambak Rejo dan Simolawang yang bertugas, paparnya.

Saat ini lansia menjadi target sasaran utama dalam program vaksinasi. Namun, pihaknya juga mendorong bagi masyarakat yang belum mendapatkan booster untuk segera vaksinasi. Setiap hari akan kami layani, ujar Lakoli kemarin.

Kecamatan telah mengantongi data lansia yang membutuhkan vaksin booster kedua. Selanjutnya, data tersebut akan ditindaklanjuti dengan menggandeng pengurus RT dan RW setempat. Sehingga target vaksin booster kedua untuk lansia dapat terpenuhi. Sudah ada data by name by address, imbuhnya.

Hingga saat ini capaian vaksinasi di Kecamatan Simokerto sudah mencapai 106 dosis per hari. Sedangkan berdasar data yang diperoleh, target lansia yang membutuhkan vaksin penguatan kedua sebanyak 3.242 warga. Jumlah tersebut tersebar di lima kelurahan.

Secara terpisah, Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal mengatakan telah melakukan percepatan vaksinasi booster kedua untuk lansia. Kegiatan tersebut mulai dilakukan Sabtu (26/11) lalu di Pasar Atom. Dalam kegiatan itu dapat terjaring 277 orang yang menjalani vaksinasi. Mayoritas lansia.

Bukan hanya itu, selain membuka gerai vaksin di mal, vaksinasi juga dilakukan di balai RW setempat untuk memudahkan lansia mendapatkan vaksin. Nantinya, melalui data yang diberikan oleh Dinkes Surabaya, pihaknya juga melakukan vaksinasi door-to-door. Kegiatan ini terus digencarkan, ungkap Rizal.

Topik Menarik