APJII Jakarta Dukung Penuh Transformasi Internet di Indonesia

APJII Jakarta Dukung Penuh Transformasi Internet di Indonesia

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 25 November 2022 - 21:40
share

GenPI.co - Pengurus Wilayah (Pengwil) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) DKI Jakartamemberikan support kepada seluruh anggota untuk bertumbuh dengan memfasilitasi konektifitas antara demand dan supply.

Salah satu yang dilakukannya adalahmengunjungi pusat data center PT Pricenton Digital Group di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kamis (24/11).

Kunjungan ini untuk lebih mengenal data center anggota kami, ujar Tedi Supardi Muslih selaku Ketua Pengwil APJII DKI Jakarta kepada GenPI.co, Jumat (25/11).

Tedi menambahkan, pihaknya sangat mendukung pertumbuhan data center seiring dengan perkembangan transformasi digital dan konekfitas internet di Indonesia.

"Permintaan pasar yang meningkat bersamaan dengan munculnya pemain-pemain baru di industri data center," lanjutnya.

Selain itu, kebutuhan data center di Indonesia diprediksi makin marak ke depannya, terutama mengikuti berkembang pesatnya e-commerce.

Tedi menjelaskan bahwa pertumbuhan data center itu bisa membuat perusahaan meningkatkan sistem pelayanannya.

"Di situlah seni bisnis data center, bagaimana meningkatkan pelayanan tetapi harus lebih efesian dan mampu mencetak laba," bebernya.

Oleh karena itu, sangat penting memperhitungkan kenaikan harga listrik dan komitmen mengurangi emisi karbon.

Tedi membeberkan perkembangan data center di Indonesia sekarang ini juga secara payung hukum sudah sangat kuat.

"Karena sudah ada UU Perlindungan Data Pribadi, sekarang pihak industri data center yang perlu penguatan dari sistem keamanan siber harus lebih diperkuat lagi," jelasnya. (*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik