Bongkar Isi Rekaman CCTV di Pos Satpam Kompleks Duren Tiga, Penyidik Siber: Ferdy Sambo Tiba di Rumah Tersebut, Brigadir J Masih...

Bongkar Isi Rekaman CCTV di Pos Satpam Kompleks Duren Tiga, Penyidik Siber: Ferdy Sambo Tiba di Rumah Tersebut, Brigadir J Masih...

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 25 November 2022 - 16:40
share

Dalam persidangan lanjutan kasus obstruction of justice Brigadir J terdakwa AKBP Arif Rahman Arifin, Penyidik Siber Bareskrim, Kompol Aditya Cahya menceritakan momen terakhir Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo yang terletaak di Duren Tiga pada 8 Juli 2022 sebelum tewas ditembak.

Penyidik Siber Bareskrim tersebut mengatakan bahwa dalam rekaman CCTV terlihat Brigadir J seperti sedang mondar-mandir di depan rumah dinas FS. Hal tersebut disampaikannya dalam persidangan lanjutan kasus obstruction of justice Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Jumat (25/11).

Pada awalnya JPU mencecar Aditya soal isi rekaman DVR CCTV di sekitar TKP. Aditya mengatakan kepada JPU bahwa dirinya yang tergabung dalam timsus bentukan Kapolri Listyo, menyimpan bukti rekaman tersebut.

"Apakah yang dimaksud DVR CCTV yang di pos security adalah data rekaman isi yang menyimpan rekaman lokasi TKP pembunuhan?" tanya jaksa.

"Siap, yang pada akhirnya setelah kasus ini berlanjut, kami masih dapat menemukan bukti rekaman dari arah pos satpam mengarah ke pintu pagar rumah TKP," jawab Aditya.

"Durasi rekaman itu pada 8 Juli 2022 pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB sekitar dua jam. Rekaman itu memperlihatkan sebelum dan setelah terjadinya pembunuhan, hanya di luar tapi," lanjutnya.

"Saya tanya saudara saksi, dalam rekaman DVR CCTV yang sodara sebut tadi, apakah itu sebuah petunjuk adanya suatu peristiwa sehingga rekaman itu sangat penting?" tanya jaksa lagi.

"Karena itu menjadi bukti yang sangat penting, dari awal kasus ini dilaporkan adanya tembak-menembak. Padahal pada saat itu dari rekaman tersebut terlihat bahwa pada saat Ferdy Sambo tiba di rumah tersebut, Yosua masih ada terlihat bolak-balik di depan rumah," jawab Aditya.

Aditya mengatakan bahwa adegan tersebut sangat penting. Karena, hal tersebut menjelaskan jika pada saat FS tiba di rumah dinas tersebt Brigadir J masih hidup.

"Yang saksi jelaskan itu sangat penting, adalah rekaman antara korban Yosua dengan FS ya?" tanya jaksa.

"Siap," jawab Aditya.

Topik Menarik