Pemprov Jatim Buka Kemungkinan Direct Flight ke Mesir

Pemprov Jatim Buka Kemungkinan Direct Flight ke Mesir

Nasional | jawapos | Selasa, 22 November 2022 - 18:32
share

JawaPos.com Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersilaturahmi ke Dubes Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan di rumah dinasnya di bilangan Menteng, Jakarta.

Dalam pertemuan sekitar dua jam tersebut, membahas upaya memperkuat kerja sama antara Jawa Timur dan Mesir. Khususnya di bidang perdagangan dan ekonomi, pariwisata, dan pendidikan.

Alhamdulillah kami menyampaikan terima kasih pada Ashraf Sulthan yang berkenan menyambut baik kedatangan kami. Tadi membahas banyak hal, utamanya bagaimana menguatkan kerja sama antara Jatim dengan Mesir baik sektor ekonomi, wisata maupun pendidikan, ujar Khofifah.

Salah satu poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah penguatan kerja sama di bidang pendidikan. Kami berharap kerja sama ini terus dikuatkan agar semakin banyak pelajar Jawa Timur yang bisa kuliah di Universitas Al Azhar, kata Khofifah.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa pekan ini, Pemprov Jatim akan melakukan lawatan ke Mesir. Dengan agenda utama yaitu melakukan penandatanganan LoI dengan Gubernur Alexandria.

Gubernur Khofifah mengatakan, ada potensi wisata religi yang kuat di Mesir dengan beragam peninggalan peradaban kuno yang memiliki muatan sejarah peradaban Islam yang sangat kuat. Setiap tahun ada sekitar 160.000 jamaah umrah Jatim yang bisa memperoleh layanan ziarah ke tempat-tempat sejarah peradaban di Mesir. Seperti Imam Syafii, bibliotheca sebagai perpustakaan pertama dunia, piramida, dan sebagainya, ucap Khofifah.

Namun Gubernur Khofifah mengatakan, masih menjadi kendala adalah belum adanya penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir dan sebaliknya. Padahal hal itu sangat penting dan strategis. Sehingga Gubernur Khofifah berharap ke depan bisa diinisiasi direct flight dari Surabaya ke Mesir.

Dubes Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan menyambut baik penguatan kerja sama yang akan dilakukan Pemprov Jatim dengan Mesir khususnya dengan Alexandria.Pihaknya berjanji bahwa kunjungan dan penandatanganan LoI yang akan dilakukan antara Gubernur Khofifah bersama Gubernur Alexandria akan dipantau dan dikawal kedubes.

Termasuk kebutuhan penerbangan langsung dari Mesir ke Surabaya. Sebenarnya kami sudah bersurat, namun harapan kami Gubernur Jatim juga menyampaikan ketika ketemu Gubernur Alexandria dan Grand Syaikh agar segera mendapatkan solusi, tutur Ashraf Sulthan.

Dubes Mesir juga memastikan akan memberikan support maksimal demi mendukung rencana Gubernur Jatim untuk menguatkan kerja sama dengan Mesir baik di bidang pendidikan, ekonomi, perdagangan hingga pariwisata.

Topik Menarik