Diperbaiki Juli, Banyak Lubang Menganga di Jalan Masangan Kulon Lagi

Diperbaiki Juli, Banyak Lubang Menganga di Jalan Masangan Kulon Lagi

Nasional | jawapos | Selasa, 22 November 2022 - 17:18
share

JawaPos.com- Jalan Panjunan di Desa Masangan Kulon hingga jalan Desa Masangan Kulon, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, rusak lagi. Akses itu kembali banyak berlubang.

Padahal, jalan tersebut baru diperbaiki Juli 2o22 lalu. Kala itu, perbaikan hanya dilakukan dengan menambal jalan yang berlubang. Namun, sumber masalah, yakni drainase yang tidak beres, belum diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengakui jalan tersebut rusak sejak awal tahun lalu. Karena itu, pihaknya melakukan perbaikan di sana.

Hanya pemeliharaan saja, pertengahan tahun ini sudah dilakukan. Tidak masuk proyek betonisasi jalan pada tahun 2022 ini, katanya kemarin.

Waktu itu, Dwi menyebut ada tiga penyebab jalan rusak. Yakni, drainase yang mampet, adanya betonisasi ruas Jalan PanjunanSuko di Sukodono sehingga lalu lintas di jalan yang rusak padat, serta masyarakat yang menguruk dengan endapan got, bukan pasir. Pihaknya lantas melakukan pemeliharaan berupa penambalan jalan yang mengelupas dan penambalan lubang di jalan sepanjang 150 meter itu.

Namun, karena sumber masalah tak ditangani, kondisi jalan rusak lagi di sejumlah titik. Jalan mudah rusak ketika musim hujan ini. Karena tidak ada drainase jalan yang cukup di kanan maupun kiri jalan, jelasnya.

Karena itu, saat hujan deras, air langsung meluber dan menggenangi jalan. Truk besar sering lewat, drainase tidak ada sehingga mudah rusak ketika musim hujan, katanya.

Dwi mengungkapkan, perbaikan baru bisa dilakukan lagi tahun depan. Tahun depan kami lakukan peningkatan jalan dengan pengaspalan, ujarnya.

Jalan bakal dilapisi dengan aspal total sepanjang 1 kilometer. Hanya pengaspalan, bukan betonisasi. Termasuk, pembangunan drainase di sana. Agar tidak rusak lagi setelah diperbaiki. Butuh drainase agar air tidak mengalir ke jalan, pungkasnya.

Topik Menarik