1.918 Calon Guru PPPK Lolos Seleksi Administrasi

1.918 Calon Guru PPPK Lolos Seleksi Administrasi

Nasional | jawapos | Senin, 21 November 2022 - 16:48
share

JawaPos.com Satu tahapan seleksi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) guru untuk 2023 telah selesai. Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mengumumkan ribuan orang yang lolos tahapan seleksi administrasi tersebut.

Kepala Dispendik Yusuf Masruh mengatakan, formasi yang disediakan sebanyak 1.513 guru pada tahun depan. Ada beragam posisi untuk ribuan formasi itu. Mulai guru bahasa Indonesia, seni, matematika, hingga guru pendamping kelas. Proses seleksi PPPK itu diikuti 1.972 orang.

Dari angka tersebut, ada 1.918 orang yang lolos pada tahap pertama seleksi administrasi. Sisanya, 54 orang, gagal pada tahap pertama. Panitia seleksi (pansel) PPPK memberikan waktu kepada para peserta untuk menyanggah apabila ada sanggahan terkait status ketidaklolosan, kata Yusuf kemarin.

Hari ini dispendik akan kembali memperbarui data apakah ada peserta yang menyanggah atau tidak.Yusuf menyampaikan, apabila sanggahan peserta diterima, pansel akan mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama tujuh hari sejak berakhirnya waktu penyanggahan. Yaitu, 26 November.

Mantan sekretaris BPD dan Linmas Surabaya itu menyebutkan, proses sanggahan tidak dilayani secara tatap muka. Semua dilayani melalui sscasn.bkn.go.id. Dari peserta yang tidak berhak melaju ke tahap berikutnya, ada 17 peserta berstatus P2. Sisanya status peserta P3.

Yusuf menjelaskan, status prioritas peserta dibagi menjadi empat. Mulai P1 hingga P4. Prioritas 1 (P1) merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional (JF) guru pada 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas. Kemudian, P2 adalah pelamar yang terdata dalam database Badan Kepegawaian Negara sebagai eks tenaga honorer K-II (TH K-II) yang tidak termasuk dalam prioritas 1.

Sementara itu, P3 dikhususkan guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar P1 di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah. Peserta juga memiliki keaktifan mengajar minimal tiga tahun atau setara dengan enam semester pada dapodik. Terakhir, P4 (pelamar umum) merupakan lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan pendidikan profesi guru di Kemendikbudristek dan/atau pelamar yang terdaftar di dapodik.

Dari ribuan peserta yang lolos administrasi, tidak ada peserta dengan status P4 atau pelamar umum. Peserta berstatus P1 hingga P3. Yusuf menegaskan, Surabaya sementara P1, P2, dan P3.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendorong seluruh tenaga pendidik memberikan pendidikan yang humanis. Tapi kalau soal humanis itu perlu digarisbawahi, bagaimana kita menjadikan siswa ini memiliki rasa segan dan hormat kepada gurunya, terangnya.

Topik Menarik