Loading...
Loading…
Refly Harun Ungkap Alasan Jokowi Pecat Anies dari Kabinet 2016: Jokowi Tak Ingin Pelihara Anak Macan

Refly Harun Ungkap Alasan Jokowi Pecat Anies dari Kabinet 2016: Jokowi Tak Ingin Pelihara Anak Macan

Powered by BuddyKu
Nasional | WartaEkonomi | Minggu, 20 November 2022 - 23:06

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengungkap alasan Presiden Joko Widodo memberhentikan Anies Baswedan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat reshuffle kabinet jilid II pada 2016 lalu.

Menurut Refly, Jokowi tidak ingin memelihara anak macan yang akan terus membesar kalau diberikan kesempatan.

Pasalnya, Anies telah mengantongi persepsi positif dari generasi muda Indonesia. Hal itu ia peroleh ketika menjadi Rektor Paramadina. Kala itu, dia telah berhasil menarik perhatian kaum muda dengan berbagai programnya.

"Bisa dibayangkan kalau seandainya diteruskan, Anies bisa menjadi diidolai anak muda. Padahal kita tahu pemilih muda di Indonesia itu makin lama makin bertambah," jelas dia melalui video unggahan di kanal Youtube pribadinya, dikutip Minggu (20/11/2022).

Bila kondisi tersebut terus berlanjut, nama Anies akan terus menjadi besar. "Dipecat aja dia bisa besar, apalagi kalau dia diberi peluang terus-menerus menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan."

"Walaupun cuma satu periode, tapi dia punya kharisma," imbuhnya.

Modal itu yang menurut dia menjadi kekuatan Anies. "Kalau kita pikir-pikir, apa modal Anies Baswedan untuk menjadi gubernur DKI? Nggak ada sebenarnya."

"Jadi, Jokowi tidak ingin memelihara anak macan yang akan terus membersar kalau diberikan kesempatan. Bayangkan, tidak diberikan kesempatan saja dia [Anies] bisa merangset," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik