Mensos Risma Usulkan Layanan City Car untuk Disabilitas di Jakarta

Mensos Risma Usulkan Layanan City Car untuk Disabilitas di Jakarta

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 18 November 2022 - 07:22
share

GenPI.co - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengusulkan agar Jakarta memiliki city car khusus untuk penyandang disabilitas.

Menurut Risma, transportasi khusus penyandang disabilitas merupakan hal yang penting dan harus dipenuhi.

"Yang harus kita penuhi itu transportasi dengan akses yang mudah bagi disabilitas. Tidak hanya untuk yang fisik, tetapi yang netra dan yang lain juga," kata Risma saat audiensi dengan jajaran Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Kantor Kementerian Sosial , Rabu (16/11).

Risma mengusulkam DTKJ bisa mendorong stakeholder terkait untuk menyediakan bus khusus disabilitas yang melayani berbagai rute di ibu kota.

Hal itu juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengaplikasikan salah satu dari isi Jakarta Declaration on the Asian and Pacific Decade of Persons with Disabilities 20232032 yang disetujui negara-negara anggota UN Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) pada Oktober 2022.

Salah satu poin komitmen tersebut ialah tersedianya aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, termasuk transportasi publik.

Sementara itu, Ketua DTKJ Haris Muhammadun menyebut pihaknya menginisiasi DTKJ Awards sebagai barometer penyelenggaraan transportasi bagi disabilitas.

Dia berharap ajang itu dapat menjadi penggerak pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bertransportasi, khususnya di DKI Jakarta.

Setidaknya terdapat dua kegiatan dalam DTKJ Award. Pertama, forum diskusi tentang transportasi terintegrasi menuju Jakarta Kota Inklusif.

Kedua, penganugerahan apresiasi dalam tujuh kategori kepada operator transportasi yang telah menyediakan sarana prasarana ramah disabilitas. (*)

Video viral hari ini:

Topik Menarik