Badan Pangan Bertanggung Jawab Wujudkan Kedaulatan Pangan

Badan Pangan Bertanggung Jawab Wujudkan Kedaulatan Pangan

Nasional | koran-jakarta.com | Jum'at, 18 November 2022 - 00:02
share

JAKARTA - Komisi IV DPR RI menyebut bahwa Badan Pangan Nasional/ "National Food Agency" (NFA) memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional, tidak hanya mencapai ketahanan pangan saja.

Anggota Komisi IV dari Fraksi PDIP, Yohanis Fransiskus Lema, di Jakarta, Kamis (17/11), mengatakan Badan Pangan Nasional harus mengedepankan paradigma kedaulatan dan kemandirian pangan, bukan hanya ketahanan dan ketersediaan pangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Badan Pangan Nasional ini bukan sekadar badan ketahanan pangan nasional. Karena secara paradigmatik itu berbeda jauh. Badan Pangan Nasional ini dibentuk dengan tujuan, pertama mewujudkan kedaulatan pangan," kata Yohanis.

Yohanis mengatakan, sebagai mitra baru Komisi IV, NFA mendapatkan dukungan penuh dari para anggota Komisi IV. Dia menyebut NFA dibentuk untuk membereskan seluruh permasalahan perpanganan nasional.

"Badan ini berada langsung di bawah Presiden, bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden, dan saya maknai badan ini memegang kendali penuh dalam sektor pangan nasional kita," ungkapnya.

Sementara itu, menyinggung program pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah, anggota Komisi IV dari Fraksi Gerindra, Azikin Solthan, meminta NFA mengoptimalkan pembelian gabah dan beras dari petani-petani dalam negeri dengan melakukan penyesuaian harga.

"Perlu pengkajian bersama terkait revisi HPP, sehingga memudahkan peran Bulog dalam menyerap gabah dan beras petani dengan harga yang menguntungkan petani. Badan Pangan Nasional harus dapat memastikan distribusi pangan yang merata," katanya.

Penyerapan gabah dan beras lokal tersebut bertujuan untuk mendorong kesejahteraan petani. Menurutnya, sebagai lembaga yang mempunyai tanggung jawab besar dalam membangun kedaulatan dan kemandirian pangan, NFA harus fokus kepada dua hal utama, yaitu produksi dan kesejahteraan petani.

"NFA mempunyai tanggung jawab besar dalam membangun kedaulatan dan kemandirian pangan," katanya.

Stabilisasi Pasokan

Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi, menyampaikan siap melakukan upaya maksimal untuk menjalankan semua tugas dan fungsi yang dimanatkan kepada NFA. Untuk itu, pihaknya telah menyusun dan memperhitungkan dengan baik berbagai program yang akan dijalankan pada tahun 2023.

"Program kegiatan NFA tahun 2023 secara garis besar terbagi ke dalam tiga program utama, yaitu Pemantapan Ketersediaan dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Pengendalian Kerawanan Pangan dan Pemantapan Kewaspadaan Pangan dan Gizi, serta Pemantapan Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan," jelasnya.

Topik Menarik