Loading...
Loading…
Pekan Olahraga Pelajar Jatim, Atlet dari Surabaya Raya Dominasi Medali

Pekan Olahraga Pelajar Jatim, Atlet dari Surabaya Raya Dominasi Medali

Nasional | jawapos | Senin, 14 November 2022 - 12:00

JawaPos.com- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jatim berakhir. Sidoarjo sebagai tuan rumah, harus puas berada di posisi runner-up. Di bawah kota tetangga, Surabaya. Meski demikian, capaian Sidoarjo di Popda kali ini sudah sesuai target. Meningkat dari sebelumnya,

Atlet-atlet Sidoarjo meraih masing-masing 32 medali emas, 40 medali perak, dan 33 medali perunggu. Total poin dari perolehan medali itu 241. Adapun Surabaya, kembali menjadi juara umum dengan 294 poin. Di bawah Sidoarjo atau posisi ketiga ditempati kontingen dari Kota Malang dengan 140 poin.

Menilik klasemen akhir Popda XIII Jatim, kontingen dari dari Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) terbilang mendominasi medali. Hasil tersebut tampaknya juga tidak jauh beda dengan capaian Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim beberapa waktu lalu. Surabaya sebagai juara umum.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan, seluruh pertandingan dalam popda sudah tuntas. Hasil akhir, memang menempatkan Sidoarjo menjadi runner-up, walaupun sebagai tuan rumah. Sesuai perhitungan kami, kata Djoko.

Prestasi kali ini menunjukkan kenaikan dibandingkan popda terakhir. Pada Popda 2016 yang digelar di Jember, Sidoarjo berada di posisi ketiga setelah Surabaya dan Kota Malang.

Djoko mengatakan, meskipun menjadi runner-up, Sidoarjo berhasil mendapatkan juara umum pada tiga cabor. Yakni, cabor sepatu roda dengan perolehan 10 medali emas, cabor catur dengan 4 emas, dan cabor karate dengan 3 emas. Patut dibanggakan. Kami berterima kasih kepada para atlet yang sudah berjuang untuk Sidoarjo, ujar Djoko.

Hari ini (14/11) giliran Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) I Jatim dimulai. Total ada empat cabor yang dipertandingkan hingga Rabu (16/11). Yakni, atletik, renang, tenis meja, serta bulu tangkis.

Total ada 243 atlet yang akan bertanding dalam peparpeda kali pertama di Jatim ini. Sidoarjo mengirim 16 atlet peparpeda, semoga mendapatkan hasil baik, harapnya.

Djoko mengatakan, setelah popda dan peparpeda berakhir, Sidoarjo bakal fokus pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2023 yang juga akan digelar di Sidoarjo. Porprov nanti minimal Sidoarjo bisa ranking kedua, ujar Djoko.

Dia menyebut komposisi atlet yang akan bertanding pada porprov nanti, sekitar 70 persen berasal dari atlet yang berjuang pada popda XIII.

Original Source

Topik Menarik

{