Loading...
Loading…
Terlalu! Puluhan Besi Penutup Saluran Air di Kota Batu Hilang, Ternyata Segini Harganya

Terlalu! Puluhan Besi Penutup Saluran Air di Kota Batu Hilang, Ternyata Segini Harganya

Powered by BuddyKu
Nasional | Indozone | Senin, 14 November 2022 - 09:02

Besi grill penutup saluran air di Jalan Patimura, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu , Jawa Timur banyak yang hilang. Akibatnya, saluran air di kawasan jalan tersebut banyak yang terlihat bolong tanpa ada penutupnya lagi.

Kondisi saluran air yang tanpa grill penutup ini, tentu cukup membahayakan bagi para pengendara. Mengingat jalan ini merupakan jalur protokol atau jalur utama menuju pusat Kota Batu , yang tentunya banyak dilalui oleh berbagai jenis kendaraan.

besi penutup saluran air
Besi penutup saluran air hilang (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Keberadaan besi grill sendiri cukup penting, terutama untuk menahan sampah yang terbawa air pada saat hujan deras. Sebab jika banyak sampah masuk ke dalam saluran air, bisa menyebabkan sumbatan yang berakibat pada terjadinya banjir luapan air.

Selain itu, dengan tidak adanya grill penutup, permukaan jalan jadi terlihat berlubang karena tidak lagi rata dengan permukaan aspal di sekitarnya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, saluran air tersebut telah ditutup dengan semen.

saluran air kota batu
Saluran air yang bolong kini ditutup semen (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu, sedikitnya ada 46 besi grill yang telah hilang entah kemana. Sehingga, dari sekitar 70 besi grill penutup saluran air yang ada di kawasan tersebut, kini hanya tersisa 24 grill saja.

saluran air kota batu
Besi penutup saluran air hilang, terpaksa ditambal semen (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Padahal besi grill penutup saluran air yang hilang tersebut rata-rata memiliki berat 45-50 kilogram, dan jika dijual harganya bisa mencapai Rp400 ribuan per biji. Sehingga jika ditotal seluruhnya, maka besi grill yang hilang tersebut senilai kurang lebih Rp18,4 Juta.

saluran air kota batu
Lubang saluran air ditutup semen (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Nilai yang terbilang cukup tinggi. Karena itu tak heran banyak masyarakat yang menduga jika hilangnya puluhan besi grill penutup saluran air tersebut karena dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Gak Kalah Sama Desa Penglipuran Bali, Ini Dia Kampung Tercantik dan Terbersih di Kota Batu

Selain di jalan Patimura, besi grill juga banyak yang hilang di Jalan Panglima Sudirman Kelurahan Ngaglik.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Original Source

Topik Menarik

{
{
{