Ganjar Pranowo Hadiri Wisuda Universitas Pancasila

Ganjar Pranowo Hadiri Wisuda Universitas Pancasila

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 1 November 2022 - 17:20
share

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri wisuda Universitas Pancasila dengan memberikan orasi ilmiah kepada ribuan wisudawan di Jakarta Convention Center Jakarta, Selasa.

"Saya datang ke sini karena diundang dan yang mengundang saya datang langsung ke rumah saya," kata Ganjar Pranowo kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Selain itu, katanya, hari lahir Universitas Pancasila sama dengan dirinya, yaitu 28 Oktober dan bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Dia mengatakan UP mempunyai lembaga riset yang mumpuni, mempunyai delapan profesor dan pusat studi sertafasilitasbagus. Begitu juga dengan jejaring dan alumnusnya.

"Ini merupakan aset yang besar yang sangat bagus," katanya.

Ia mengatakan UP mempunyai peran penting untuk menjaga ideologi Pancasila guna memasukkan nilai Pancasila kepada mahasiswa agar tidak masuk virus yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

Ganjar berpesan pada para alumnus Universitas Pancasila untuk terus berjuang.

Perjuangan mereka, katanya, berat karena saat ini dunia sedang berubah dan mengalami turbulensi.

"Saat ini para wisudawan mengalami situasi yang tidak mudah," katanya.

Untuk itu, lanjut Ganjar, perlu membangun kesiapan dan membangun optimisme, ilmu, inovasi, dan kreasi, sehingga tidak menjadi sarjana yang biasa-biasa saja.

Ganjar menyinggung tentang tantangan ke depan yang sulit di tengah perang yang berkecamuk saat ini, ada potensi krisis energi dan krisis pangan yang melanda dunia.

Topik Menarik