Aktivis Kemerdekaan Papua,Filep Karma Ditemukan Tewas di Pantai Bse G

Aktivis Kemerdekaan Papua,Filep Karma Ditemukan Tewas di Pantai Bse G

Nasional | BuddyKu | Selasa, 1 November 2022 - 08:55
share

BUKAMATA - Pagi ini berita duka datang dari ujung timur Indonesia. Salah satu aktivis kemerdekaan Papua, Filep Karma disebut meregang nyawa pada Selasa pagi sekitar pukul 07.00 WIT. Jasad Filep ditemukan warga di pantai Bse G Jayapura. Belum diketahui pasti penyebab kematian Filep Karma.

"Memang benar ada jenazah yang ditemukan warga di pantai Bse G yang diduga Filep Karma namun untuk memastikan masih menunggu konfirmasi keluarganya," kata Kapolsek Jayapura Utara Akp Yahya Rumra kepada Antara di Jayapura, Papua, Selasa (1/11/2022).

Sementara itu Ketua Komnas HAM Papua Frist Ramandey mengatakan aktivis Papua Filep Karma meninggal dunia diduga saat menyelam dan terbawa arus di salah satu pantai di Jayapura, Papua.

"Dugaan awal dia lagi menyelam terbawa arus. Tapi masih kita dalami dulu ya soal ini," kata Frist dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (1/11/2022).

"Ini kami mau ke RS Bhayangkara. Lalu ngecek siapa saja yang menyelam sama-sama itu," kata Frist.

Jenazah Filep saat ini ada di RS Bhayangkara Jayapura untuk dilakukan tindakan autopsi.

Filep merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Papua. Dia sempat memimpin pengibaran bendera Bintang Kejora di Biak pada 1998 dan akhirnya dipenjara. Namun dua tahun kemudian dia dibebaskan.

Ia ditangkap kembali pada 1 Desember 2004 saat mengibarkan bendera bintang kejora di Jayapura, Papua. Pengadilan pada Mei 2005 memvonisnya bersalah dengan hukuman 15 tahun penjara.

Namun, ia mendapatkan remisi selama tiga bulan sehingga pada November 2015 dinyatakan bebas. Sementara, rekan Filep, Yusak Pakage dihukum 10 tahun penjara dan sudah dibebaskan pada 2010 lalu. Filep pernah mengatakan akan memperjuangkan kemerdekaan Papua secara damai.

Topik Menarik