Pemkot Surabaya Diminta Segera Cairkan Bansos Ojol

Pemkot Surabaya Diminta Segera Cairkan Bansos Ojol

Nasional | BuddyKu | Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:33
share

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pimpinan DPRD Kota Surabaya berjanji akan mengkomunikasikan kepada pemerintah kota setempat terkait bansos dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) untuk pengemudi ojek dalam jaringan yang hingga saat ini belum cair. Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan bansos dampak kenaikan BBM untuk pengemudi ojek daring dan nelayan sudah dianggarkan di APBD Perubahan 2022.

"Nilainya Rp 8,9 miliar. Nanti kami komunikasi kepada Pemkot Surabaya," kata Adi, Selasa (11/10/2022).

Pernyataan Adi menanggapi perwakilan dari Dewan Presidium Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal) Jawa Timur yang menagih bansos dampak kenaikan BBM yang sebelumnya dijanjikan Pemkot Surabaya. "Mereka sudah bersusah payah menyerahkan data jumlah pengemudi ojol ber-KTP Surabaya," kata dia.

Humas Frontal Jatim Daniel Lukas Rorong sebelumnya mengatakan, pihaknya menanyakan kendala bansos yang tidak kunjung dicairkan oleh Pemkot Surabaya, sementara di beberapa daerah lain sudah dilakukan, salah satunya di Kabupaten Sidoarjo. Daniel mengatakan Bansos tersebut sangat berarti bagi para pengemudi ojek daring. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dari pemerintah kota terkait dengan pencairan bansos tersebut.

"Ada 4.500 pengemudi ojol yang layak mendapatkan bantuan sesuai data kami. Mereka ini ber-KTP Surabaya," kata dia.

Berdasarkan anjuran pemerintah, besaran bansos dampak kenaikan BBM senilai Rp 600 ribu yang diakumulasikan selama 4 bulan dengan perincian tiap bulan Rp150 ribu. "Besaran ini tergantung kekuatan tiap daerah. Di Madura, dan beberapa daerah bansosnya sebesar Rp 450 ribu," kata dia.

Pemerintah Kota Surabaya sebelumnya menyiapkan dukungan bagi istri pengemudi ojek menyusul kenaikan harga BBM. "Maksud saya, pengemudi ojol tetap kerja seperti sekarang dan istrinya bisa saya beri pelatihan, nanti kami fasilitasi, kemudian diberi orderan. Biar pendapatannya nanti bisa Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Selain itu, Wali Kota Eri juga meminta dinas terkait mendata para pengemudi ojek di Surabaya yang membutuhkan bantuan.


Topik Menarik