Proyek Pengolahan Sampah ITF Masih Jadi Pembahasan

Proyek Pengolahan Sampah ITF Masih Jadi Pembahasan

Nasional | BuddyKu | Rabu, 5 Oktober 2022 - 22:41
share

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Asep Kuswanto menyampaikan bahwa proyek pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) masih jadi pembahasan.

Terlebih, Asep menjelaskan jika kondisi keuangan DKI juga belum sepenuhnya stabil, usai dihantam pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

"Itu masih akan dibahas di komisi jadi kebutuhan pembiayaan dari ITF ini kan memang hal yang nyata jadi kita juga menyadari bahwa kondisi keuangan DKI Juga belum penuh sepenuhnya," ujar Asep di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Asep mengatakan bahwa pendanaan pembangunan ITF tidak sepenuhnya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Semua pendanaan pembangunan ITF itu memang menjadi kewajiban mitra karena ini projek investasi sehingga pendanaan sebagian besar itu dari mitra BUMD," lanjut Asep

Menurut Asep apabila nantinya masih diperlukan pendanaan, nantinya JakPro akan mencari pendanaan lainnya

Berdasarkan rencana awal, ITF Sunter seharusnya mulai dibangun pada tahun Januari 2020 dan selesai tahun 2022, yang nantinya akan mampu mengolah 2200 ton sampah perhari dan mengurangi 30% sampah yang dikirim ke TPST Bantar Gebang.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik