Wali Kota Makassar Terkesan Longwis Zurich, Maksimalkan Teknologi untuk Budi Daya Tanaman

Wali Kota Makassar Terkesan Longwis Zurich, Maksimalkan Teknologi untuk Budi Daya Tanaman

Nasional | BuddyKu | Selasa, 4 Oktober 2022 - 15:11
share

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengunjungi Lorong Wisata (Longwis) Zurich di Kompleks Dewi Kumala Sari, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Selasa (4/10/2022).

Danny Pomanto yang baru saja tiba menggunakan jasa ojek online (ojol) langsung mencari kode respon cepat atau QR Code yang berisi informasi umum mengenai Longwis Zurich untuk melakukan pemindaian.

"Kita scan dulu, nah . Ah , ini mantap Pak Camat," seru Danny Pomanto kepada Camat Tamalanrea, Andi Salman Baso.

Danny Pomanto juga mengaku terkesan dengan Longwis Zurich yang memadukan teknologi dalam pembudidayaan tanaman pangan oleh warga. Melalui aplikasi, penyiram tanaman bisa diaktifkan.

"Saya pikir inilah contoh perpaduan metaverse di sejumlah program kita. Cukup pakai aplikasi, alat penyiram bisa menyala dan menyiram tanaman di kebun warga, luar biasa," ungkap Danny Pomanto.

Produktivitas warga, kata Danny Pomanto, tidak diragukan lagi. Mereka konsisten membudidayakan cabai, aneka sayur-sayuran, baik dengan metode konvensional maupun hidroponik.

Bahkan, beberapa tanaman, seperti pakcoy dan buah markisa diolah lebih lanjut lalu diproduksi berupa minuman jus.

"Saya lihat warga di sini sangat produktif, seperti tanam cabai, kembang kol, dan pakcoy, ada juga markisa. Ada jus markisa dan pakcoy," ucapnya.

Tidak hanya itu, Danny Pomanto juga menyempatkan panen ikan lele bersama warga. Selain ikan lele, di Longwis ini juga membudidayakan lobster air tawar dan ikan nila.

Usai menyantap sop ubi buatan UMKM Longwis Zurich, Danny Pomanto kemudian bergegas menuju titik kunjungan berikutnya di Biringkanaya menggunakan jasa ojol.

Topik Menarik