Loading...
Loading…
Aplikasi Google Phone Diperbarui, Lebih Mudah Digunakan Satu Tangan

Aplikasi Google Phone Diperbarui, Lebih Mudah Digunakan Satu Tangan

Nasional | jawapos | Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:24

JawaPos.com Google diam-diam merilis pembaruan untuk aplikasi Google Phone untuk perangkat Android. Aplikasi ini setelah di- update mengalami cukup banyak perubahan misalnya dari sisi User Interface (UI) dan beberapa tools lainnya yang kena sentuhan.

Dengan UI yang diperbarui, pengguna Google Phone kini bisa menggunakannya dengan satu tangan jauh lebih praktis dari sebelumnya. Saat ini versi update Google Phone hanya tersedia dalam versi beta tetapi Google memastikan bakal segera tersedia untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Adapun versi baru yang dirilis beta saat ini adalah versi dengan build number 90.0.475844574. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pembaruan ini akan tersedia untuk publik yang lebih luas dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam pembaruan ini, UI akan tampil lebih clean . Yang mana, di versi baru hanya akan ada dua baris ikon, atau total enam, saat melakukan panggilan. Fitur yang kurang populer lainnya akan tersedia di halaman terpisah. Setengah dari antarmuka pengguna tidak muncul saat keypad numerik ditampilkan.

Selain itu, versi yang diperbarui juga memuat beberapa koreksi. Kini, hanya ada satu baris dengan empat ikon untuk keypad, mute, speaker, dan lainnya. Namun demikian, bagian atas jendela meluas jika pengguna menghendaki area yang lebih luas.

Keypad yang digunakan untuk mengganti beberapa ikon juga melakukan hal yang sama. Bila perlu, semuanya bisa dilihat di layar.

Namun penempatan tombol telah mengalami perubahan paling signifikan. Mereka tersedia di dekat bagian bawah layar, seperti yang bisa kita lihat di tangkapan layar.

Mengingat bahwa mereka cukup mudah dijangkau dengan ibu jari, ini secara mendasar mengubah segalanya. Akibatnya, menggunakan aplikasi tersebut kini bisa hanya dengan satu tangan saja.

Selain itu, pengguna juga dimungkinkan untuk mengubah urutan tombol. Hal ini jelas merupakan kabar baik bagi mereka yang kidal, yang selama ini kerap memiliki masalah saat menggunakan ponsel mereka terlebih saat menelepon.

Dengan saat ini ukuran smartphone juga makin besar-besar dan lebar-lebar mencapai 6 inci lebih, penggunaan dengan satu tangan untuk beberapa aplikasi memang merepotkan. Apalagi mereka yang ukuran tangannya memang kecil.

Oleh karena itu, perombakan antarmuka aplikasi Google Phone ini jelas menarik dan perlu diapresiasi. Google membuat peningkatan bertahap pada aplikasi Android aslinya dari waktu ke waktu, tetapi desain ulang antarmuka yang lengkap jarang terjadi, terutama untuk perangkat lunak penting seperti itu.

Original Source

Topik Menarik

{
{