Loading...
Loading…
Anies: Pelabuhan Muara Angke Kini Ramah Disabilitas

Anies: Pelabuhan Muara Angke Kini Ramah Disabilitas

Powered by BuddyKu
Nasional | Republika | Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:31

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanmenyatakan rasa puasnya dengan wajah baru Pelabuhan Muara Angkeyang kini didesain ramah terhadap penyandang disabilitas saat menguji coba sendiri berbagai fasilitas terminal pelabuhan yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara itu pada Senin.

"Rasanya, kita jadi punya sebuah fasilitas pelabuhan yang modern yang bisa menampung banyak penumpang, nyaman, dan ini akan bisa membuat intensitas pergerakan penduduk dari pulau ke daratan dan sebaliknya meningkat dan InsyaAllah meningkatkan produktivitas," kata Anies.

Anies tiba di Pelabuhan Muara Angke sekitar pukul 17.29 WIB dan tampak terkesima melihat satu unit eskalator yang bentuknya tidak berundak-undak sehingga ramah bagi pengguna kursi roda.

Penyandang disabilitas nantinya melalui eskalator tersebut untuk menuju ruang tunggu penumpang di lantai atas.

Di sisi kiri eskalator, terdapat lereng menanjak yang cukup luas sehingga mudah dilalui pengguna kursi roda. Lereng tersebut mirip area rampbarat dan timur di Jakarta International Stadium yang ramah pejalan kaki dan pengguna kursi roda.

Ruang tunggu Pelabuhan Muara Angke berkapasitas 1.200 penumpang dengan bangku berkapasitas 800 tempat duduk.

Anies mengatakan pelabuhan itu sekarang terlihat berbeda sekali dari sebelumnya. Kini area terminal Pelabuhan Muara Angke telah tuntas revitalisasinya dan dengan ini secara resmi dinyatakan dapat digunakan.

"Alhamdulillah sore hari ini salah satu niat untuk bisa melakukan pembangunan di semua aspek tertuntaskan, terkait dengan mobilitas bagi penduduk di kepulauan untuk mereka memiliki fasilitas yang setara dengan warga yang tinggal di daratan," kata Anies.

Setelah ikhtiar untuk menyiapkan fasilitas terminal yang setara itu telah tertuntaskan, Anies berharap ke depan warga Jakarta dan Kepulauan Seribu dapat merawat dan menggunakan fasilitas tersebut dengan baik.

"Kami berharap semua fasilitas ini nanti dijaga dengan baik dan harapannya fasilitas ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kepulauan," kata Anies.

Anies hadir dalam kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, dan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{