RI Masih Dipercaya Perusahaan Global meski Ada Krisis

RI Masih Dipercaya Perusahaan Global meski Ada Krisis

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 4 Oktober 2022 - 00:00
share

JAKARTA - Indonesia masih dipercaya perusahaan-perusahaan besar dunia sebagai tujuan investasi meskipun terjadi krisis finansial global saat ini. Kepercayaan perusahaan global terhadap Indonesia masih tinggi ini karena stabilitas ekonomi dan politik di Tanah Air.

"Meskipun dunia pada krisis finansial, tetapi Indonesia masih dipercaya untuk investasi perusahaan-perusahaan besar dunia," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan peletakan batu pertama pabrik Wavin Manufacturing Indonesia, di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10).

Seperti dikutip dari Antara , Presiden Jokowi menyampaikan alasan mengapa Indonesia masih dipercaya perusahaan-perusahaan besar global. Sembari mengutip pernyataan CEO Orbia Sameer Bharadwaj, ia mengatakan kepercayaan perusahaan global terhadap Indonesia masih tinggi karena stabilitas ekonomi dan politik di Tanah Air.

Presiden Jokowi mengatakan tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan sebagai tujuan investasi. "Begitu sebuah negara sudah dicap tak baik untuk investasi, tak akan ada negara yang mau datang ke negara kita. Jika sudah tak ada yang mau datang, artinya apa? Barang-barang harus kita impor dari luar," kata Presiden Jokowi.

Menjadi Rebutan

Dia mengatakan investasi saat ini menjadi rebutan hampir seluruh negara di dunia. Hal itu karena investasi dapat memberikan nilai tambah, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan penerimaan negara.

Karena itu, kata Presiden Jokowi, investasi menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Hal yang terus akan kita kejar, investasi apa pun, karena itu akan sekali lagi menciptakan lapangan kerja yang sangat besar, kemudian pajaknya akan menambah penerimaan negara dan cadangan devisa kita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut meresmikan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pipa PT Wavin Manufacturing yang merupakan salah satu unit bisnis dari Orbia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut investasi merupakan jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah ekonomi global yang saat ini berada di posisi kurang baik. "Satu-satunya jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya satu, investasi," kata Presiden.

Presiden mengatakan sekarang ini ekonomi global berada pada posisi yang kurang baik di mana ada peristiwa perang dagang, virus korona, dan juga kondisi di sejumlah kawasan lain yang tidak mendukung naiknya ekonomi global.

Dia mengatakan lantaran pasar sedang turun maka tidak mungkin Indonesia menaikkan ekspor. Oleh karena itu, arus modal masuk berupa investasi menjadi jalan keluar meningkatkan perekonomian.

Topik Menarik