Ini Alasan PSSI Menolak Rekomendasi Polisi Majukan Jam Pertandingan

Ini Alasan PSSI Menolak Rekomendasi Polisi Majukan Jam Pertandingan

Nasional | law-justice.co | Minggu, 2 Oktober 2022 - 17:23
share

Beredar foto surat rekomendasi Polres Malang yang meminta jam pelaksanaan pertandingan dimajukan untuk alasan keamanan. Namun, PSSI tetap mengadakan pertandingan di malam hari karena sudah bersepakat dengan PT LIB dan Panpel (Panitia Pelaksana), hingga kemudian terjadilah tragedi Kanjuruhan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi membenarkan adanya surat rekomendasi dari polisi itu. Ia mengatakan, PT LIB dan Panpel telah berdiskusi untuk tetap melaksanakan pertandingan Arema FC melawan Persebaya sesuai jadwal.

"Iya, pertama kita ketahui bahwa kepolisian mengajukan permohonan untuk dilaksanakan di sore hari, tetapi oleh PT LIB dan Panpel dilakukan diskusi dan terjadi kesepahaman bersama bahwa silakan untuk dilaksanakan di malam hari," kata Yunus Nusi dalam konferensi pers di Stadion Madya, GBK, Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Ia menjelaskan, kesepakatan itu mempertimbangkan suporter Persebaya. Menurutnya, pertandingan dapat dilaksanakan sesuai jadwal jika pendukung Persebaya FC tidak datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Tentu dengan beberapa persyaratan, salah satunya untuk tidak menghadirkan suporter lawan atau suporter tamu ke stadionnya," ungkapnya.

Itulah, lanjut Yunus, yang menjadi pertimbangan Panpel dan PT LIB untuk melaksanakan pertandingan sesuai jadwal. Ketidakhadiran suporter Persebaya dinilai dapat mencegah terjadinya kericuhan suporter antarklub.

"Dan itu yang menjadi rujukan dari pihak panpel dan PT LIB untuk ber-positive thinking bahwa sulit untuk akan ada kerusuhan. Di mana ketak kerusahannya ketika tidak ada rivalitas suporter dan tidak ada suporter dari Persebaya yang datang ke Malang," jelas Yunus.

"Sehingga, akhirnya terjadi kesepahaman. Akhirnya juga dilaksanakan atas kesepahaman bersama," pungkasnya.

Sementara itu, Polres Malang telah mengeluarkan surat permohonan perubahan jadwal pertandingan Arema FC melawan Persebaya. Surat bernomor 014/PANPEL/ARM/IX/2022 itu dikeluarkan pada Selasa (13/9/2022).

Dalam surat itu, terdapat perkiraan intelijen singkat soal kerawanan laga Arema FC vs Persebaya. Oleh sebab itu, Polres Malang meminta laga tersebut dipercepat ke sore hari demi alasan keamanan.

Topik Menarik