Saingi Google Meet dan Zoom, WhatsApp Luncurkan Fitur Tautan Panggilan

Saingi Google Meet dan Zoom, WhatsApp Luncurkan Fitur Tautan Panggilan

Nasional | jawapos | Kamis, 29 September 2022 - 13:00
share

JawaPos.com Pascapandemi, dunia seakan berpindah ke platform digital untuk berbagai bidang mulai dari profesi hingga pendidikan. Hal ini menyebabkan munculnya platform populer seperti Zoom untuk rapat dan kelas virtual.

Sekarang, tampaknya WhatsApp ingin menawarkan fungsi serupa sendiri melalui rilis fitur baru bernama Tautan Panggilan atau Call Links. Awal pekan ini, Mark Zuckerberg meluncurkan fitur baru WhatsApp itu di Facebook.

Dia menyatakan bahwa aplikasi perpesanan instan populer ini akan menguji fitur panggilan video terenkripsi, yang akan mendukung hingga 32 orang. Dengan Tautan Panggilan, fitur ini akan menghadirkan dukungan panggilan audio dan video di platform.

Mirip dengan Zoom dan Google Meet, Anda cukup membuat tautan panggilan dengan membuka tab Panggilan di WhatsApp dan memilih opsi Buat tautan panggilan. Setelahnya, pengguna akan mendapatkan tautan yang dapat mereka bagikan dengan orang lain.

Orang lain yang cukup mengeklik tautan ini akan langsung ditambahkan ke panggilan. Sampai sekarang, panggilan di WhatsApp hanya mendukung delapan orang sekaligus.

Jadi, itu tidak cukup populer untuk pertemuan bisnis yang lebih besar atau tujuan pendidikan. Atas dasar hal itulah tampaknya WhatsApp merilis pembaruan ini dan mungkin menjadikannya penawaran yang menarik di pasar.

Aplikasi perpesanan instan ini sudah menjadi salah satu platform obrolan terbesar di dunia, sehingga dengan mudah berpotensi mengambil pangsa pasar penting dari Google dan Zoom.

Ini bisa berlaku terutama di wilayah tertentu seperti India, di mana WhatsApp memiliki tempat yang mendominasi jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Dan, jika pengalaman dan fungsionalitas pengguna sebanding dengan Google Meet atau Zoom, maka kita dapat mengharapkan sejumlah orang melakukan perubahan karena memiliki satu aplikasi untuk berbagai tujuan lebih baik daripada mengacaukan ponsel Anda dengan banyak.

Topik Menarik