Tulungagung Punya Makam Mr X, Kuburan Khusus Orang-orang Tak Dikenal, Begini Wujudnya!

Tulungagung Punya Makam Mr X, Kuburan Khusus Orang-orang Tak Dikenal, Begini Wujudnya!

Nasional | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 15:05
share

Istilah Mr X kerap kali disematkan kepada korban-korban kecelakaan lalu lintas maupun tindak kejahatan lain yang tidakdikenal. Di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timurterdapat satu komplekmakamkhusus yang berisimakamorang-orangtakdikenalataumakamMr X.

Makamini terdapatdiwilayah Kecamatan Kedungwaru. Lokasi ini merupakan lahan tanah milik RSUD dr Iskakyang dimanfaatkan untuk makambagiorang-orang tak dikenal ini. Sesuai dengan prosedur yang ada, jenazah Mr X yang tidak diketahui identitas dan keluarganya akan disimpan sementaradikamar mayat RSUD dr Iskak.

makam mr x
Makam Mr X di Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Kemudian setelah lebih dari dua hari tidak ada informasi mengenai keluarganya, maka Mr X akan dimakamkan. Lokasimakamini bersebelahan denganmakamumum desa setempat dan nampak cukup terawat.

Sebab secara rutin petugas Instalasi Kedokteran Forensik (IKF) RSUD dr Iskak Tulungagung membersihkan dan mengirimkan doa untuk jenazah yang dimakamkan di tempat tersebut.

Makamini mulai difungsikan pada 2009 yang lalu, kemudian pada tahun 2015 yang dinyatakan sudah penuh terisi, dengan jumlah jenazah yang dimakamkan sebanyak 113 jenazah dewasa dan 31 jenazah bayi.

Rupanya, tidak hanya jenazah korban kecelakaan atau korban lain yang tidak dikenali identitasnya. Ternyata salah satu jenazahdimakamtersebut merupakan pasien Covid-19 yang meninggaldiluar kota dan dipulangkan keTulungagung.

makam mr x
Makam Mr X di Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Sayangnya pihak keluarga kebingungan memakamkan jenazahnya sehingga ditempatkan di lokasi yang sudah penuh inidimakamMr XTulungagung. Kendati disebut sebagai makamMr X, namun ada satu dua jenazah yang akhirnya diketahui identitasnya oleh pihak keluarga.

Sebagian ada yang kembali menggalinya untuk dipindahkan ke pemakaman umum asal desa mereka. Namun ada juga yang membiarkannya tetap dimakamkan.

Sementara itu Wadir RSUD dr IskakTulungagung, Zuhrotul Aini mengatakan pemberian lahan dan doa bersama yang digelar pihaknya. Dimakamini merupakan wujud kepedulian rumah sakit kepadaorang-orangtakdikenalini.

"Ini wujud kepedulian kami kepada pasien RSUD dr Iskak, tidak hanya pasien yang tidak memiliki biaya pengobatan. Bahkan warga yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan tidak diketahui identitasnya," ujarnya.

mr x
Makam Mr X di Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Namun sejak dinyatakan penuh, pihak rumah sakit dan Pemerintah Kabupaten Tulungagungmemutuskan untuk membuat aturan pemakaman Mr X yaitu akan dimakamkandipemakaman umum tempat yang bersangkutan ditemukan meninggal dunia.

Sementara itu, Kepala Instalasi Kedokteran Forensik (IKF) RSUD dr IskakTulungagung, Bogy Andik menjelaskan kendati sebagian besar jenazahdimakamini tidak dikenali, namun selalu saja adaorang-oranglain yang dengan ikhlas mendoakan mereka.

"Kita tahunya ya ada bunga setaman yang masih segardibeberapamakam. Kemudian ada juga yang ditaruhdipintu masuk. Itukan tanda adaorangyang ziarah, terus ada juga salah satu komunitas tertentu yang memang rutin ke sini dan tahu kalau ada temannya yang dimakamkan di sini," ucapnya.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik