Mengenal Jenderal Li Qiaoming, Sosok di Balik Isu Kudeta Pemerintahan China

Mengenal Jenderal Li Qiaoming, Sosok di Balik Isu Kudeta Pemerintahan China

Nasional | BuddyKu | Senin, 26 September 2022 - 16:42
share

China digemparkan dengan kabar jika Presiden Xi Jinping dikudeta ramai bertebaran di berbagai media online. Berita ini ramai sekali dan banyak pengguna sosial media di China yang mengunggah tentang rumor terkait, namun hingga saat ini masih belum ada konfirmasi apapun dari pihak Pemerintah China atau bahkan media negara juga masih belum memberikan keterangan apapun. Rumor jika Xi Jinping menjadi tahanan rumah makin membuat isu kudeta makin memanas, Nama Li Qiaoming kini disebut - sebut sebagai sosok Jenderal China yang melakukan kudeta terhadap pemerintah.

Apa Itu Kudeta Militer

Kudeta sendiri adalah sebuah tindakan atau upaya menggulingkan pemerintahan sebuah negara yang sah dan sedang berjalan, oleh suatu kelompok dan seringkali disertai dengan tindak kekerasan.

Definisi menurut pakar politik, Clayton Thyne mengatakan Kudeta adalah bentuk upaya penggulingan pemerintah yang dilakukan oleh kelompok militer atau elit aparat secara terbuka. Kudeta militer sendiri merujuk pada aksi dan tindakan menggulingkan pemerintah eksekutif oleh kelompok militer negara.

Seperti yang pernah terjadi sebelumnya di Myanmar pada 1 Februari 2021, kudeta militer seringkali mendapatkan dukungan secara langsung dari semua personel militer bahkan aparat polisi sekalipun. Kudeta jauh berbeda dengan revolusi, meski secara kasar hampir sama, kudeta hanya bertujuan mengganti personel eksekutif suatu negara tanpa ada niatan merubah tatanan dan ideologi suatu negara secara umum.

Siapa Jenderal Li Qiaoming?

Rumor Jenderal Li Qiaoming terlibat dalam isu kudeta yang terjadi di China dikarenakan kabar Xi Jinping yang telah mundur dari bagian Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China. Sementara Qiaoming sendiri merupakan anggota senior yang menjabat sebagai komandan Komando Teater Utara sejak September 2017.

Sebelumnya Qiaoming juga sempat menduduki beberapa posisi penting di PLA, seperti Kepala Staf Resimen ke 361, Komandan Resimen 364, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dan Komandan Divisi 124.

Li Qiaoming lahir pada bulan April 1961 di Yanshi. 2017 dia juga sempat menjabat sebagai anggota komite sentral dari partai komunis China ke 19.

Selain sebagai sosok Jenderal militer, sosok Qiaoming ini juga menjadi saingan Jinping dalam pemerintahan dan berupaya menghentikan periode pemerintahannya yang telah memasuki tiga periode.

Meski belum ada kabar secara resmi dari pemerintahan China, dugaan terjadinya kudeta semakin kuat dengan adanya pergerakan militer yang terjadi secara tiba - tiba menuju Beijing, beberapa penerbagan domestik maupun luar negeri juga dibatalkan.

Topik Menarik