Kembalinya Sutradara Goro Taniguchi di One Piece: Kuak Asal Usul Uta

Kembalinya Sutradara Goro Taniguchi di One Piece: Kuak Asal Usul Uta

Nasional | jawapos | Minggu, 25 September 2022 - 19:48
share

Proyek One Piece Film: Red sangat dinanti fans serial anime One Piece di seluruh dunia sejak diumumkan tahun lalu. Terlebih, itu merupakan film pertama One Piece setelah tiga tahun. Tak heran jika film berdurasi 115 menit tersebut berhasil menjadi film One Piece terlaris dan film terlaris di Jepang tahun ini.

UTA (Kaori Nazuka) adalah penyanyi terpopuler di dunia yang memiliki suara emas dan spesial. Dia menggelar sebuah konser yang dipadati fansnya dari berbagai lapisan masyarakat. Termasuk di antaranya adalah bajak laut Topi Jerami yang dipimpin Luffy (Mayumi Tanaka). Rupanya, Luffy mengenal sosok Uta yang merupakan teman masa kecilnya yang tiba-tiba menghilang.

Untuk kali pertama, Uta akhirnya menunjukkan siapa dirinya sesungguhnya dalam konser itu. Dia adalah putri Shanks, pemimpin bajak laut Rambut Merah. Kemampuan bernyanyinya yang luar biasa pun mengakibatkan sebuah kekacauan yang tak diduga-duga. Masa lalu Uta dan Shanks sedikit demi sedikit terkuak.

Aku sudah bosan menggambar lelaki tua legendaris di film! Hahaha. Biarkan aku menggambar seorang gadis. Sekarang, ini adalah karakter yang ingin kami buat! kata Eiichiro Oda, kreator serial One Piece yang menjadi produser film tersebut, sebagaimana dilansir Oricon. Film itu memang berpusat pada cerita Uta dan masa lalunya, serta hal-hal yang membuatnya mempunyai visi yang aneh.

Jalan cerita yang ditulis Tsutomu Kuroiwa cukup memuaskan. Pelan, tetapi pasti. Tidak terasa terburu-buru sehingga latar belakang Uta ditampilkan dengan jelas. Pak Oda yang telah membaca karya (naskah) yang sudah selesai berkata, skenarionya luar biasa!. Jadi, aku rasa aku berhasil memenuhi peranku, kata Kuroiwa sebagaimana dilansir Oricon.

Namun, fans yang menantikan penampilan Shanks lebih banyak dalam film itu harus kecewa. Shanks memang muncul, tetapi dalam porsi yang relatif kecil.

Film tersebut menandai kembalinya sutradara Goro Taniguchi ke dalam proyek One Piece setelah 24 tahun. Pada 1998, Taniguchi menjadi sutradara untuk animasi video One Piece: Defeat the Pirate Ganzack.

Mungkin ada beberapa hal yang sedikit berbeda dari apa yang aku lihat sejauh ini. Tapi, itulah mengapa aku ingin mengekspresikan One Piece yang belum pernah aku lihat sebelumnya, kata Taniguchi sebagaimana dilansir Oricon.

Taniguchi memberikan kesegaran tersendiri dalam film tersebut. Misalnya, visualisasi yang cerah dan penuh warna, sesuai dengan karakter pemeran utama Uta. Menonton film itu terasa seperti menonton klip video lagu-lagu anime.

Ditambah, pemilihan score dan soundtrack pun enak didengar, membuat film tersebut terasa seperti film drama musikal. Namun, di sisi lain, scene pertarungan terasa kurang. Apalagi bagi fans yang berekspektasi pertarungan besar yang melibatkan Shanks.

Kendati demikian, film itu enjoyable. Bahkan, moviegoers yang bukan fans One Piece sekalipun masih akan mengerti jalan ceritanya. Kisah One Piece sudah memasuki tahap akhir, tidak akan lama sebelum manga ini berakhir. Jadi, kami tidak punya banyak waktu lagi untuk membuat lebih banyak film, kata Shinji Shimizu, staf Toei Animation, sebagaimana dilansir Mision Tokyo.

TAHUKAH ANDA?

Per 20 September, film ini mengantongi pendapatan sebesar JPY 15,01 miliar (Rp 1,6 triliun). Hal itu menjadikan film ini sebagai film berpendapatan terbesar di Jepang tahun ini dan film ke-13 berpendapatan terbesar di Jepang sepanjang masa.

Lagu tema utama film ini, yakni New Genesis, yang dibawakan Ado berhasil memuncaki Global Top 100 charts Apple Music dan menjadikannya lagu Jepang pertama yang mendapat pencapaian tersebut.

Nama Uta diambil dari bahasa Jepang dari kata lagu. Hal itu tentu sesuai dengan sosoknya yang merupakan penyanyi.

Film ini merupakan gabungan dari CGI 2D dan 3D. Kendati tampilan utamanya adalah 2D, beberapa scene melibatkan CGI 3D yang membuatnya lebih menarik.

ONE PIECE FILM: RED

SUTRADARA : Goro Taniguchi

PENULIS : Tsutomu Kuroiwa

PRODUSER : Eiichiro Oda

PENGISI SUARA : Mayumi Tanaka, Shuichi Ikeda, Kaori Nazuka, Kazuya Nakai, Akemi Okamura, Kappei Yamaguchi, Hiroaki Hirata

DISTRIBUTOR : Toei Company

IMDb : 7,3/10

Topik Menarik