Bersihkan Aliran Sungai, Warga dan Babinsa Desa Jago Loteng Gotong Royong

Bersihkan Aliran Sungai, Warga dan Babinsa Desa Jago Loteng Gotong Royong

Nasional | BuddyKu | Selasa, 20 September 2022 - 12:43
share

PRAYA -Apa yang dilakukan warga dan Babinsa Desa Jago, Kecamatan Praya, Lombok Tengah ini patut ditiru. Mereka secara aktif membersihkan sampah di aliran-aliran sungai dan drainase.

Harapannya, aliran air berjalan lancar. Tidak sampai tersumbat. Apalagi, akhir-akhir ini hujan mengguyur wilayah Praya dan sekitarnya, kata Babinsa Desa Jago Serda Kasiran Jayadi, Senin (19/9).

Dari aksi itu, kata Kasiran, tidak saja bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan semata. Melainkan, bermanfaat bagi kelancaran irigasi pertanian. Air dengan cepat dan lancar mengairi area-area persawahan warga. Terutama yang sedang menanam padi.

Kendati demikian, pihaknya berpesan agar warga jangan membuang sampah sembarangan. Tidak saja berlaku bagi warga Desa Jago, tapi desa-desa tetangga. Seperti di tempat kami, kebanyakan sampah datang dari desa/kelurahan tetangga, sindir Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Sampah (KMPS) Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya Muhammad Zaki, terpisah.

Di satu sisi, warga bergotong royong membersihkan sampah. Di sisi lain, sampah tetap dan selalu datang. Sehingga, satu-satunya cara untuk penanganan sampah yakni kesadaran bersama. Tidak bisa dijalankan satu atau dua desa/kelurahan saja. Melainkan, semua, tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan berpesan, agar aksi-aksi nyata di tengah masyarakat lebih diaktifkan lagi. Salah satunya, penanganan sampah. Bila perlu, tidak saja saat musim hujan, tapi di musim kemarau seperti ini. Ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama, ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan, gotong royong warga bersama babinsa menjadi jawaban bahwa, hubungan keduanya erat dan harmonis. Karena TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, pungkasnya. (dss/r5)

Topik Menarik