Pilpres 2024, Demokrat-NasDem dan PKS Usung Anies Baswedan?

Pilpres 2024, Demokrat-NasDem dan PKS Usung Anies Baswedan?

Nasional | BuddyKu | Selasa, 20 September 2022 - 10:38
share

JAKARTA , iNewsManado . com - Pernyataan Anies Baswedan tentang kesiapan dirinya maju Pilpres 2024, memanaskan konstalasi politik di Indonesia.

Meski hingga saat ini belum ada Partai politik yang menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai Capres, namun perlahan mulai terlihat gambaran peluang Anies Baswedan yang dilirik sejumlah parpol.

Saat ini, Partai Demokrat dan PKS adalah dua partai yang mengisyaratkan bakal mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Sangat beralasan, karena dua partai ini dikenal sebagai partai yang tak harmonis dengan PDIP. Kenapa PDIP? Sebab, diketahui PDIP tengah membangun komunikasi politik dengan Partai Gerindra serta sejumlah partai di dalam pemerintah untuk mengusung pasangan Capres.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meyakini sudah ada beberapa parpol yang tertarik untuk mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Beberapa parpol itu, kata Pangi, adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Partai Demokrat.

Sebetulnya Pak Anies itu sudah ada partai yang mengusung, cuma kan waktu momentum deklarasi itu kan belum bisa dipastikan parpol masih menyimpan misteri itu nama-nama, dan yang tertarik mengusung beliau pasti ada, tidak mungkin enggak ada, saya yakin ada, kata Pangi, Selasa (20/9/2022).

Sebab, kata dia, elektabilitas Anies di sejumlah survei berbagai lembaga riset konsisten berada di papan atas. Pangi menuturkan, Nasdem sudah mengeluarkan tiga nama yang berpotensi diusung di Pilpres 2024.

Tiga nama itu Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melalui Rakernas Nasdem beberapa waktu lalu.

Jadi kan potensi diusung Nasdem kan iut ada dari tiga nama itu, imbuhnya. Pangi juga melihat geliat perkembangan PKS cukup bagus.

Termasuk mungkin Demokrat asal ada AHY nya mungkin ada juga klik di situ, titik temu persamaan kepentingan bagi Demokrat kan enggak muluk-muluk kan, Demokrat dukung tapi bagaimanapun AHY terbawa di situ, pungkasnya.

Diketahui, popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan di sejumlah lembaga survei cukup tinggi. Misalnya, versi survei New Indonesia Research and Consulting yang dilakukan pada 1-10 Februari 2022, Anies berada pada urutan kedua dengan elektabilitas 13,8%. Kemudian, elektabilitas Anies Baswedan sebagai capres di wilayah Jawa Barat berada di puncak teratas berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam survei SMRC yang dilakukan pada periode 5-8 Februari 2022 melalui saluran telepon, sebanyak 17,0 persen responden memilih Anies saat diberikan pertanyaan semi terbuka tentang siapa yang akan dipilih sebagai presiden jika pilpres diadakan sekarang.

Artikel ini telah tayang di SINDOnews dengan judul: Menebak Parpol Pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Topik Menarik