Warga Negara Republik Ceko Merinding Lihat Koreografi Jakmania, Ada Apa?

Warga Negara Republik Ceko Merinding Lihat Koreografi Jakmania, Ada Apa?

Nasional | BuddyKu | Senin, 19 September 2022 - 23:58
share

BEKASI, celebrities.id - Warga Negara Republik Ceko, Richard Naceradec menceritakan pengalamannya ketika menyaksikan laga Persija Jakarta kontra Madura United. Naceradec mengaku merinding ketika Jakmania -suporter Persija- melakukan koreografi penghormatan untuk legenda klub, Ismed Sofyan.

Persija bermain imbang tanpa gol dengan Madura United dalam lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (19/9/2022). Terlepas dari kontroversi gol menit akhir Madura United, laga tersebut dianggap sakral oleh Jakmania. Jakmania melakukan upacara penghormatan untuk legenda klub, Ismed Sofyan di laga tersebut.

Koreografi unik dilakukan di tribun suporter, beberapa banner penghormatan untuk Ismed terpampang di sepanjang tribun. Ismed yang hadir di stadion juga tidak bisa menahan isak tangis. Pemain yang sudah di Persija sejak tahun 2003 itu mengucap kata-kata perpisahan, suasana di stadion diselimuti rasa haru.

Namun, momen tersebut ternyata juga dihadiri oleh Warga Negara Republik Ceko, Richard Naceradec. Pria asal Praha itu nampaknya tertarik menyaksikan laga Persija lantaran diperkuat oleh pemain Timnas Republik Ceko, Ondrej Kudela. Naceradec mengaku merinding kala melihat aksi Jakmania kala memberi penghormatan untuk Ismed. Dirinya takjub dengan koreografi yang dilakukan Jakmania.

Dari sudut pandang para penggemar, elemen yang paling menarik dari keseluruhan pertandingan adalah koreografi seluruh stadion yang didedikasikan untuk legenda klub Ismed Sofyan. Akhirnya, jersey besar legenda klub muncul, sejujurnya itu membuat saya merinding, seluruh koreografi benar-benar top, kata Naceradec melalui Twitter pribadinya, @planickaF, Senin (19/9/2022).

Naceradec juga menyorot aksi suporter di tribun utara stadion. Naceradec kagum dengan aksi Jakmania di tribun utara yang melantunkan chants sembari memgibarkan bendera tiada henti. Saking takjubnya, Naceradec bahkan membandingkan aksi suporter di tribun utara dengan ultras raksasa Italia, AC Milan. Menurutnya, ultras Milan di Italia akan ikutan kagum jika menyaksikan pemandangan di tribun utara Stadion Patriot.

Bagi saya, suara yang paling keras dan paling aktif terletak di sisi kiri, jika dilihat dari tribun utama, Bahkan ultras AC Milan tidak akan malu dengan bendera itu, tuturnya.

Topik Menarik