Antisipasi Musibah Longsor dan Banjir, Pemdes Warga Jaya Sukamakmur Ajak Warga Rehab Bangun Drainase

Antisipasi Musibah Longsor dan Banjir, Pemdes Warga Jaya Sukamakmur Ajak Warga Rehab Bangun Drainase

Nasional | BuddyKu | Senin, 19 September 2022 - 21:18
share

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Desa bersama warga Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor kompak bergotong-royong membangun dan membersihkan drainase. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana longsor, banjir dan lainnya.

Pemerintah desa bersama warga, melakukan goyong-royong melakukan pembangunan drainase, perbaikan hingga pembersihan saluran air yang ada di wilayah Desa Warga Jaya di tengah intensitas hujan yang cukup tinggi mengguyur Bogor beberapa hari terakhir, ujar Kepala Desa Wargajaya, Ooy Tamami, Senin (19/9/2022).

Tamami menjelaskan beberapa saluran air yang sudah dibangun ini dari bantuan pemerintah daeran hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).


Kepala Desa Wargajaya Sukamakmur, Ooy Tamami. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Saluran air atau irigasi ini nantinya melewati pemukiman hingga persawahan, mengontrol air yang ada mulai air bersih hingga air bekas rumah tangga, dan dibuat cadangan drainase apalagi terjadinya longsor salah satu drainase yang ada, jelasnya.

Dari hasil perhitungan PTSL yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor luas Desa Warga Jaya yakni 1.500 hektar.

Terdiri 540 hektar merupakan persawahan, 313 hetar lahan pemukimana, dan sisinya pemakaman hingga perkebunan,ucapnya.

Desa Warga Jaya, menurutnya, memiliki kondisi tanah yang cukup labil dan berpotensi bencana alam. Karena itu, pembangunan drainase ini menjadi solusi yang dilakukan pemerintah Desa sebagai bentuk pencegahan.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

Semuanya yang kita lakukan adalah mengantisipasi, serta menjaga alam, agar tetap terkendali tidak menimbulkan bencana alam akibat adanya perusakan alam tersebut, tutupnya.

Topik Menarik