Loading...
Loading…
NATO Ternyata Sudah Rencanakan Perluasan Aliansi di Dekat Rusia sejak Beberapa Tahun Lalu

NATO Ternyata Sudah Rencanakan Perluasan Aliansi di Dekat Rusia sejak Beberapa Tahun Lalu

Powered by BuddyKu
Nasional | Inews | Minggu, 18 September 2022 - 08:57

TALLINN, iNews.id NATO ternyata sudah merencanakan perluasan aliansinya di dekat perbatasan Rusia, sejak beberapa tahun lalu. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Komite Militer NATO, Laksamana Rob Bauer, akhir pekan ini.

Kita berbicara tentang perombakan terbesar struktur militer kita sejak 1949. Perencanaannya dimulai beberapa tahun lalu, tetapi sekarang kita sedang menerapkannya, kata Bauer pada konferensi pers di Tallinn, Estonia, Sabtu (17/9/2022).

Pertemuan Komite Militer NATO berlangsung di Estonia, kemarin. Dalam kesempatan itu, Panglima Tertinggi Sekutu Eropa, Jenderal Christopher Cavoli, menyampaikan kepada negara-negara anggota NATO pertimbangan strategisnya mengenai tindakan NATO di sisi timur.

Pada akhir Juni lalu, para pemimpin NATO menyetujui rencana untuk membangun pasukan aliansi yang signifikan di sisi timur Eropa pada 2023. Rencana itu muncul di tengah agresi militer Rusia di Ukraina.

Menurut NATO, pihaknya bakal meningkatkan jumlah pasukan dengan kesiapsiagaan tinggi di sisi timur menjadi lebih dari 300.000 tentara dalam waktu dekat. Aliansi militer itu juga akan meningkatkan komposisi kelompok tempur ke tingkat brigade.

Selain itu, negara-negara NATO berjanji untuk meningkatkan anggaran belanja pertahanan mereka.

Original Source

Topik Menarik