Aturan Ganjil-Genap Akan Sulitkan Akses Warga untuk Periksa Kesehatan

Nasional | okezone | Published at Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:01
Aturan Ganjil-Genap Akan Sulitkan Akses Warga untuk Periksa Kesehatan

JAKARTA - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengatakan, penerapan kembali aturan ganjil-genap untuk kendaraan mobil akan menyulitkan warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ia menilai, penerapan ganjil-genap juga tidak akan mengurangi aktivitas warga di luar rumah. Pasalnya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I telah melonggarkan banyak sektor seperti perkantoran yang membuat jalanan hingga ruang publik semakin ramai.

Hermawan memperkirakan bahwa penerapan ganjil-genap kembali diterapkan lantaran semakin tingginya aktivitas warga Ibu Kota di luar rumah.

"Padahal ganjil-genap orang akan kesulitan mengakses fasilitas, mungkin orang akan kesulitan memeriksakan kesehatan dan adanya halangan lain yang memungkinkan, yang menjadikan virus ini tinggi dan ada di sekitar kita hingga waktu yang belum dipastikan karena kebijkan juga tidak pasti," kata Hermawan kepada Okezone, Minggu (2/8/2020).

 

Hermawan mengatakan, penerapan PSBB sebenarnya merupakan bentuk pelonggaran kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Artikel Asli