Capaian Vaksinasi Booster Masih Rendah, Kemenkes: Bisa Tingkatkan Antibodi 4-6 Kali Lipat

Capaian Vaksinasi Booster Masih Rendah, Kemenkes: Bisa Tingkatkan Antibodi 4-6 Kali Lipat

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 16 September 2022 - 17:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Capaian vaksinasi booster di Indonesia masih rendah yaitu 26 persen. Hal ini tentu tidak lepas dari minat masyarakat yang kini mulai malas untuk melakukan vaksinasi.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril mengingatkan bahwa kadar antibodi masyarakat yang telah divaksin booster, meningkat sampai 6 kali lipat. Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers Update Covid-19, Hepatitis dan Monkeypox, yang mengatakan capaian vaksin primer sudah di atas 50 persen.

"Pada populasi yang diberikan bosster kadar antibodi ini naik 4-6 kali lipat. Jadi kita berharap semua masyarakat memerlukan dukungan untuk percepatan booster ini," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril dalam Konferensi Pers di Kanal Kementerian Kesehatan, Jumat (16/9/2022)

Berdasarkan data yang dipaparkan, capaian vaksin 1 sudah sampai 86.90 %, dan vaksin 2 sudah 72 persen dan booster itu sebesar 26,45%. Namun situasi saat ini, dinilai berbeda dengan saat tahun lalu.

Menurut Syahril tahun lalu, momen mudik lebaran minat masyarakat untuk vaksinasi tinggi. Diapun berharap hal tersebut bisa terjadi kembali, sehingga capaian vaksinasi booster bisa menyentuh 50 persen.

"Dosis vaksin ketiga memang April kita naik sekali karena syarat mudik lebaran, tapi setelah itu banyak penurunan karena banyak penyebab, jadi masih landai, tentu saja jadi pemikiran kita bersama agar mencapai 50 persen," katanya.

Dengan demikian, ia menilai tidak sulit untuk mendapatkan vaksin booster. Sebab sudah tersedia sentra -sentra vaksinasi, vaksinnya hingga sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga kesehatan juga tersedia.

"Terus SDM kita juga cukup, dan vaksinnya juga cukup. Jadi tidak sulit sebetulnya tidak ada halangan," ujar dr Syahril.

Sekadar informasi, provinsi yang memiliki capaian vaksinasi booster tertinggi hanya di Bali, Jakarta, dan Riau. Berdasarkan data Bali sudah mencapai 69,8 persen, Jakarta 66,0 persen dan Kepulauan Riau 52,1 persen.

Topik Menarik